Alexa Metrics

Pemprov Sumsel Redam Karhutla via Hujan Buatan

Pemprov Sumsel Redam Karhutla via Hujan Buatan ilustrasi

indopos.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mulai menerapkan hujan buatan. Itu dilakukan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di tengah peningkatan titik panas (hotspot) Agustus. Karena itu, tim teknologi modifikasi cuaca (TMC) BPPT bersama KLHK, BNPB, TNI-AU, dan BMKG, telah bergerak.

Hujan buatan dengan teknologi modifikasi cuaca itu, tim memakai pesawat CN-295 milik TNI-AU. Pada kegiatan TMC Rabu (12/8), pesawat ditugaskan menebar garam dua ton (NaCL) di atas sejumlah daerah rawan karhula dengan hasil cukup baik. Buktinya, sejumlah daerah Sumsel diguyur hujan deras.

”Alhamdulillah hujan mulai turun dengan TMC. Melalui usaha itu diharap karhutla Sumsel pada musim kemarau tahun ini bisa diminimalkan sehingga terhindar dari bencana kabut asap,” tutur Gubernur Sumsel Herman Deru, di Palembang, Sumsel, Kamis (13/8).

Sebelumnya, Pelaksana Harian Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMCBPPT) menyebut menghadapi peningkatan titik panas beberapa hari terakhir, tim TMC BPPT bersama KLHK, BNPB, TNI AU dan BMKG menurunkan hujan buatan ke wilayah Sumsel dan Kalimantan Barat (Kalbar). Selain itu, Tim TMC Posko Palembang juga menuju Kalbar.

Denna begitu, target penyemaian dilaksanakan pada dua provinsi dengan lokasi berjauhan. ”Kami menerima arahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terbang ke Kalbar karena fluktuasi hotspot meningkat tajam beberapa hari terakhir. Potensi awan mendukung juga. Jadi, kami bekerja ekstra melaksanakan penyemaian di Sumsel dan Kalbar,” imbuh Sutrisno. (ant)



Apa Pendapatmu?