Alexa Metrics

Kilat, Cetak Dokumen Kependudukan di Kota Bekasi

Kilat, Cetak Dokumen Kependudukan di Kota Bekasi Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) mudahkan warga urus dokumen kependudukan. (Foto: ANTARA)

indopos.co.id -Pemerintah Kota Bekasi akan mengoperasikan dua mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk memudahkan warga melakukan pencetakan dokumen kependudukan.

”Mesin ADM ini layaknya mesin ATM yang diluncurkan Menteri Dalam Negeri Pak Tito Karnavian pada akhir tahun 2019 lalu,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi Taufiq Rachmat Hidayat di Bekasi, Kamis (13/8).

Dirinya menjelaskan, pembelian satu mesin menggunakan dana insentif daerah. ”Sedangkan satunya lagi pinjaman dari Kemendagri,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pemerintah daerah akan mendatangkan mesin ADM dalam beberapa hari ke depan dan kemudian menempatkannya di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bekasi Trade Center di Kecamatan Bekasi Timur serta Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Bekasi.

Warga bisa menggunakan ADM di MPP Bekasi Trade Center pada jam kerja atau mesin ADM di Kantor Pemerintah Kota Bekasi kapan saja.

”Yang satu sengaja ditempatkan di Kantor Pemkot karena bisa saja 24 jam. Mengingat dari segi keamanan di sana kan ada petugas Satpol PP yang berjaga,” ulasnya. Awalnya, mereka ingin menyediakan tiap MPP ada mesin ADM.

”Kita ada MPP di Plaza Cibubur, Plaza Pondok Gede, dan BTC. Tapi karena ada Pandemi COVID-19 ini, sehingga sebagian anggaran kita terkena refocusing,” tuntasnya. (ant)



Apa Pendapatmu?