Alexa Metrics

Instansi yang Kelola Pengaduan Publik Terbaik Perlu Diapresiasi

Instansi yang Kelola Pengaduan Publik Terbaik Perlu Diapresiasi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa.

indopos.co.id – Instansi dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik di Indonesia, perlu mendapatkan apresiasi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menggelar kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik.

Kompetisi ini diselenggarakan bersama Ombudsman RI (ORI) dan Kantor Staf Presiden (KSP), serta didukung oleh United States Agency for International Development (USAID) CEGAH.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengungkapkan, pada kompetisi sebelumnya terlihat kemajuan yang signifikan. Dari pelaksanaan pengelolaan pengaduan pelayanan publik oleh instansi pemerintah dan unit pengelola pelayanan pengaduan.

“Meskipun kompetisi tahun ini berlangsung di era pandemi, kami berharap animo peserta tetap tinggi secara kuantitas maupun kualitas,” ujarnya, dalam acara peluncuran kompetisi ini di Jakarta, Jumat (14/8/2020).
Hal itu untuk membuktikan semakin besar kesadaran instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi publik. Diah menerangkan sosialisasi, registrasi, dan evaluasi akan dioptimalkan dengan menggunakan kanal daring untuk mendukung physical distancing dalam era pandemi.

Penyelenggara juga telah menyediakan help desk yang dapat dihubungi melalui WhatsApp atau telepon untuk membantu peserta dalam melakukan registrasi.

Kriteria peserta adalah instansi pemerintah atau unit pelaksana pelayanan publik yang memiliki sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik sekurang-kurangnya enam bulan saat pengumuman pendaftaran kompetisi.

“Peserta yang memenuhi kriteria harus melakukan self assesment_dan melampirkan dokumen pendukung. Registrasi dan pelampiran dokumen dilakukan di https://sipp.menpan.go.id/kompetisi-sp4n/ pada 14 Agustus hingga 14 Oktober 2020,” pungkasnya. (dai)



Apa Pendapatmu?