Percepatan Konektivitas KostraTani Kalsel dengan AWR

indopos.co.id – Kerja cepat secara maraton digelar Kementerian Pertanian (Kementan) RI di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Selasa ((11/8/2020) hingga Kamis (14/8/2020). Nah guna mendukung sejumlah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) menyiapkan laporan utama untuk input secara real time ke pusat data Agriculture War Room (AWR). Akses AWR syarat utama BPP bergabung gugus tugas Komando Strategi Pembangunan Pertanian (KostraTani) yang digagas Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo.

Kegiatan ‘Pengawalan Laporan Utama KostraTani di BPP’ diinisiasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan dilaksanakan Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan) di bawah kendali dan koordinasi Kapusluh Leli Nuryati.

Baca Juga :

Mengacu instruksi Kepala Badan PPSDMP Dedi Nursyamsi kepada Pusluhtan, untuk mendukung kesiapan sejumlah BPP di Kalsel, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat dan Kalimantan Barat. Kelima provinsi merupakan bagian dari 800 BPP yang diharapkan Mentan Syarul koneksi ke AWR, memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Senin (17/8/202).

Kabid Penyelenggaraan Penyuluhan, Pusluhtan I Wayan Ediana selaku koordinator lapangan mengerahkan Kasubbid Kelembagaan Petani, Dwi Hayanti ke Kalsel. Diawali koordinasi dengan pejabat terkait dari pemerintah provinsi (Pemprov) pada Selasa (11/8/2020), lalu, perihal sosialisasi KostraTani, pelatihan tentang pengumpulan, pengolahan dan input data pertanian di tingkat desa dan kecamatan oleh penyuluh, fungsional dan Admin BPP, dan laporan Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (Simluhtan).

Baca Juga :

“Pelatihan dan sosialisasi di Kabupaten Tapin, dihadiri koordinator dan Admin dari tujuh BPP di kantor dinas pertanian Tapin berlangsung Rabu (12/8/2020),” kata Dwi H perihal kegiatan di Tapin yang didampingi staf Aemudin.

Hari yang sama, Puji Prabowo memimpin kegiatan tim di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kegiatan pelatihan di kantor dinas pemerintah kabupaten (Pemkab) dihadiri koordinator penyuluh, Admin dan mantri tani dari 11 BPP.

Baca Juga :

Kegiatan tim Pusluhtan di Kamis (13/8/2020),lalu, berlanjut ke Kabupaten Barito Kuala. Pelatihan dihadiri koordinator penyuluh, Admin dan mantri tani dari 17 BPP berlangsung di BPP Anjir Muara. Sementara Puji Prabowo beserta tim mendampingi pelatihan untuk sembilan BPP di Kabupaten Tanah Bumbu, yang dihadiri koordinator penyuluh, Admin dan mantri tani setempat.

“Secara keseluruhan, kegiatan pelatihan dan sosialisasi serta Simluhtan disambut antusias peserta untuk segera bergabung menjadi BPP KostraTani,” kata Dwi Hayanti melalui keterangan tertulis yang diterima Jumat (14/8/2020).

Mereka menyatakan siap meng-input data terkini setiap pekan ke AWR seraya berharap dapat komunikasi langsung dengan Mentan Syahrul dan pejabat eselon satu tentang kendala dan tantangan di Kalsel.

“Pertemuan evaluasi input data dari masing-masing BPP dilakukan secara virtual melalui video conference dari Agriculture Operation Room atau AOR di kantor dinas pertanian Kalsel. Dihadiri Kostrawil, Kostrada dan KostraTani Kalsel. Jumlah partisipan 42 BPP,” kata Dwi H. (mdo/cok)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.