Alexa Metrics

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Jembatan akashi Kaikyo, Jepang

indopos.co.id – Di banyak negara, jembatan gantung sering digunakan untuk menghubungkan pulau utama dengan pulaupulau kecil disekitarnya, atau menghubungkan daratan yang terpisah dengan aliran sungaisungai besar. Jembatan-jembatan gantung terpanjang di dunia biasanya dihitung berdasarkan panjang bentang utama mereka, yaitu panjang jalan yang terangkat di antara menara jembatan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Jembatan akashi Kaikyo, Jepang

Jembatan yang dibuka sejak 1988 ini memiliki rentang utama 1.991 meter dan merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia. Jembatan Akashi Kaikyo menjadi penghubung Kota Kobe di Pulau Utama Honshu dengan Kota Iwaya di Pulau Awaji. Panjang keseluruhan jembatan ini adalah 3.911 meter. Jembatan Akashi Kaikyo terlihat indah di malam hari. Dengan gemerlap lampu beraneka warna, jembatan ini memiliki julukan Pearl Bridge.

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

2.Jembatan Xihoumen, Tiongkok

Memiliki rentang utama sepanjang 1.650 meter, Jembatan Xihoumen di Tiongkok menjadi jembatan gantung terpanjang kedua setelah jembatan Akashi Kaikyo di Jepang. Terletak di Pulau Zhousan Provinsi Zhejiang, Tiongkok, Jembatan Xihoumen adalah salah satu jembatan utama yang menghubungkan kota Ningbo dan Kepulauan Zhoushan, kelompok pulau lepas pantai terbesar di Tiongkok.

Jembatan Xihoumen dibangun pada masa pemerintahan Zhejiang dan menghabiskan biaya sebesar RMB2,48 miliar. Jembatan ini mulai dibangun pada 2005 dan rentang utamanya selesai pada Desember 2017. Pembangunan Jembatan Xihoumen sudah rampung dan mulai dibuka untuk umum pada Desember 2009.

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

3.Jembatan Great Belt, Denmark

Jembatan Great Belt dibuka sejak 1998 dan dibangun untuk menghubungkan pulau-pulau Denmark di Selandia dan Funen. Jembatan ini memiliki total panjang 6.790 meter dengan tinggi maksimal 254 meter.

Jembatan ini terdiri dari jembatan gantung, terowongan kereta antara Selandia dan pulau kecil Sprogo yang berada di tengah Great Belt, dan jembatan berjenis box grider yang digunakan untuk jalan dan jalur kereta antara Sprogo dan Funen. Total keseluruhan jalur ini adalah 18 km.

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

4.Jembatan Yi Sun-sin, Korea Selatan

Jembatan yi Sun-sin, Korea Selatan Jembatan Yi Sun-sin adalah jembatan gantung di Korea Selatan di kawasan pantai selatan Semenanjung Korea. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan wilayah Kwangyang dengan Komplek Industri Yeosu.

Memiliki rentang utama sepanjang 1.545 meter, jembatan ini menjadi jembatan terpanjang keempat di dunia dan merupakan yang terpanjang di Korea Selatan. Pembangunan jembatan Yi Sun-sin dimulai sejak 2007, dan pada 2012, jembatan ini dibuka untuk pameran di kota Yeosu.

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

5. Jembatan Runyang, Tiongkok

Jembatan yang dibangun pada 2005 ini memiliki rentang utama sepanjang 1.490 meter. Jembatan Runyang dibangun melintasi kompleks Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, sebelah hilir Nanjing. (fay)



Apa Pendapatmu?