Alexa Metrics

Tertarik Magnet Danau Laet

Tertarik Magnet Danau Laet Danau Laet di Desa Subah, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat menjadi salah satu objek wisata terkenal. (Foto; Instagram.com)

indopos.co.id – Pernah menonton film “Tanah Surga Katanya” yang diproduseri oleh Deddy Mizwar dan Gatot Brajamusti? Dalam film itu ada danau indah yang menjadi latar adegan pembuka, saat Salman memancing bersama adik dan kakeknya.

Danau dengan pemandangan indah itu bernama Laet. Danau tadah hujan itu terletak di Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Dengan luas sekitar 800 hektar, objek wisata andalannya yaitu wisata air dan panorama alam. Pengunjung dapat berkeliling di danau dan dapat mengunjungi 12 gugusan pulau mengunakan speed boat yang tersedia.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Anselmus Effendi mengatakan, pengelolaan kawasan ditambah dengan beberapa spot foto, mampu meningkatkan animo masyarakat. ‘’Sebelum pandemi Corona, kunjungan tercatat mencapai ribuan,’’ jelasnya.

Danau Laet memiliki gugusan pulau. Pulau Otong dengan luas sekitar 8 hektar.

Lebih luas dari Pulau Otong, terdapat Pulau Lambong dengan luas mencapai 35 hektar. Selain itu terdapat Pulau Nyenyet seluas 9 hektar dan Pulau Ketokak yang hanya seluas 0,4 hektar.

Dan yang terkecil adalah Pulau Peram seluas 0,1 hektar. Di danau tersebut juga terdapat Pulau Sumba seluas 3 hektar, Pulau Penyaok yang lumayan luas mencapai 19 hektar, Pulau Canang seluas 2,3 hektar, dan Pulau Songe dengan luas 6 hektar.

Sedangkan pulau terluas adalah Ambah Besar seluas 45 hektar dan beberapa pulau kecil yaitu Pulau Sumba Kecil seluas 0,9 dan Pulau Gelumpuk seluas 2 hektar. Wisatawan yang datang bisa memancing di kawasan ini secara gratis. Menariknya lagi, di Danau rutin terjadi fenomena pasang surut.

Ketika musim hujan, air tinggi Namun, ketika musim kemarau tiba, sebagian danau mengering, sehingga pengunjung bisa berjalan-jalan di atasnya. (dew)



Apa Pendapatmu?