Disporseni Nasional UT 2020 Digelar Daring

indopos.co.id – Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar kegiatan Diskusi, Pekan Olah Raga, dan Seni Universitas Terbuka (Disporseni) Nasional. Ada yang berbeda pada pelaksanaan Disporseni tahun ini. Kegiatan yang mengusung tema “Sportivitas dan Kreativitas Mahasiswa di Era Siber” ini secara online (daring).

Mengawali kegiatan Disporseni enam perwakilan dari tiap pulau di Indonesia melakukan yel-yel. Mereka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Banjarmasin, Sorong, Bengkulu, Makassar dan UPBJJ Kupang.

Baca Juga :

“Tema ini dipilih karena di tengah-tengah kemajuan TIK mahasiswa dituntut untuk selalu kreatif dengan tetap menjunjung tinggi jiwa sportivitas,” ujar Rektor UT Ojat Darojat saat membuka Disporseni secara daring, Selasa (18/8/2020).

Ia menjelaskan, pelaksanaan Disporseni secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kendati secara virtual, menurut Ojat tidak mengurangi semangat mahasiswa untuk mengikuti Disporseni.

Baca Juga :

“Ada nilai-nilai sportifitas, kreativitas dan era cyber atau penyesuaian era baru. Sportifitas merupakan nilai yang harus dijunjung tinggi,” ungkapnya.

Sementara kreativitas sendiri, masih ujar Ojat adalah sesuatu yang baru. Kreativitas menjadi modal, agar hidup lebih baik. Apalagi di tengah persaingan di semua bidang. “Kreativitas jadi kunci sukses suatu bangsa,” katanya.

Baca Juga :

Lebih jauh ia mengatakan, pendidikan di tengah pandemi Covid-19 memanfaatkan IT. Bagi UT itu bukanlah hal yang baru. Karena, sejak berdiri UT telah menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). “Bagi kami PJJ bukan hal baru. Dari registrasi, bahan ajar, penyelenggaraan pembelajaran hingga ujian kami lakukan secara online,” ujarnya.

Ia berharap, pelaksanaan Disporseni menjadi wadah bagi para mahasiswa. Apalagi kegiatan tersebut juga diikuti oleh perguruan tinggi negeri (PTN)/ perguruan tinggi swasta (PTS).

Sementara itu, Ketua Disporseni Zulfahmi mengatakan, sedikitnya ada 1.602 atlet yang mengikuti kegiatan Disporseni. 132 peserta di antaranya berasal PTN)/ PTS. Sementara dalam Disporseni melombakan16 cabang di antaranya Debat Bahasa Inggis, Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Poster Edukatif, Seni Tari, Seni Suara, Seni Foto, Paduan Suara, Master of Ceremony (MC), Kisah inspratif, tagline UT, Testimoni UT, Tilawatil Qur’an, catur online, dan Mobile Legends.

“Dari 16 cabang ada 11 cabang yang dipertandingkan secara nasional dengan mengundang 30 PTN/PTS di Indonesia,” bebernya.

Ia mengungkapkan, cabang yang paling banyak diminati dalam kegiatan Disporseni tahun ini dan sedang menjadi trend di kalangan milenial adalah mobile
legends, di mana hampir semua
kontingen mengirimkan atletnya. “Para pemenang semua cabang akan
diumumkan secara resmi pada acara
puncak Dies Natalis UT ke-36 pada 4 September nanti,” katanya. (mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.