Alexa Metrics

Karya Nyata Mahasiswa Mengisi Kemerdekaan

Karya Nyata Mahasiswa Mengisi Kemerdekaan PUISI-Dian Sastrowardoyo, artis yang juga alumni UI merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-75. Foto : Ist/UI

indopos.co.id– Bertempat di Kampus UI Depok, Dian Sastrowardoyo, alumni Universitas Indonesia (UI) bersama mahasiswa yang diwakili Perwakilan Paguyuban dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bersama-sama secara simbolik menyampaikan harapan di Hari Kemerdekaan RI ke-75. Apa? ”Para mahasiswa UI diminta agar dapat terus berkarya untuk Indonesia melalui dua video berdurasi dua dan tiga menit,” ujar Devie Rahmawati, direktur Kemahasiswaan UI.

”Biarpun bumi berguncang, Kau Tetap Indonesia-ku. Andaikan Matahari Terbit Dari Barat, Kaupun Indonesiaku. Tak Sebilah Pedang yang Tajam, dapat Palingkan Daku Darimu,” ujar Dian Sastro dalam puisi yang dibawakannya khusus sebagai alumni UI untuk Indonesia.

”Video ini melibatkan UKM UI yang tahun ini telah berjumlah menjadi 60, dan akan terus bertambah. UKM di UI tidak hanya akan menjadi ruang bagi penyaluran bakat, minat, dan keinginan membangun jaringan di kalangan mahasiswa, tapi UI akan menjadikan UKM sebagai salah satu wadah implementasi Program Merdeka Belajar. Aktivitas ektrakulikuler di UKM akan dapat diperhitungkan untuk dikonversi menjadi SKS kelulusan seorang mahasiswa di UI,” ujar Rosari Saleh, wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI.

”Kegiatan di UKM akan menjadi sarana nyata pembentukan soft skills mahasiswa. Pendidikan yang tidak hanya mengedepankan pengembangan kognisi, namun juga afeksi dan psikomotorik, akan memiliki ruangnya melalui kegiatan di UKM. UKM yang siap menjadi UKM Merdeka Belajar, akan memiliki kurikulum dan penilaian SKS, untuk memenuhi pembelajaran mahasiswa di luar program studi masing-masing,” tambah Oca, sapaan Rosari Saleh.

”Pandemi COVID-19 tidak menjadi tantangan bagi para mahasiswa UI untuk terus berprestasi dan berbakti kepada negeri melalui torehan medali dan aksi memberi kepada masyarakat baik secara individu maupun melalui UKM, yang dalam video diwakili Resimen Mahasiswa (Menwa), Mapala, E-Sport, Motorsport, Geradasi Warna, Fact Checker, Liga Tari, Madah Bahana, AIESEC, Maven Pro, Super Mileage Vehicle (SMV), Hydromodelling Technology and Workshop (HTW), Nuansa Islam, Keluarga Mahasiswa Hindu Dhrama, Radio Telekomunikasi Cipta (RTC), Suara Mahasiswa (SUMA), KSM Ekaprasetya, Korps Mahasiswa Antikorupsi (Kosmik), Berkuda, Aquatic, “ jelas Oca.

”Selama masa pandemi, mahasiswa UI telah mencatatkan kurang lebih 66 medali dari kompetisi internasional dan nasional; 45 aksi sosial yang terbagi atas tujuh kategori aksi, yaitu Relawan Kesehatan, hotline psikologi, pembuatan aplikasi, pembuatan alat perlindungan diri dan handsanitizer, produksi informasi positif tangkal hoax, bantuan sosial kepada masyarakat berupa sembako, dan penggalangan dana untuk masyarakat,” ujarnya.

”Pada Agustus, menjelang perayaan Kemerdekaan RI, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) menyelenggarakan delapan pelatihan Soft Skills Digital secara maraton bekerja sama dengan Kominfo, DPR RI dan Siberkreasi, yang menghadirkan para Ahli Digital, Wakil Pemerintah, Parlemen dan Selebritis seperti Christian Sugiono, Ernest Prakarsa, Hesti Purwadinata, Jessica Mila, Melanie Ricardo, Ayushita, Zeezee Shahab, Fathia Izzati,” tutup Devie Rahmawati. (mdo)



Apa Pendapatmu?