Alexa Metrics

Diponegoro Fun Run Virtual 2020 Digelar Virtual

Diponegoro Fun Run Virtual 2020 Digelar Virtual Ketua Panitia Kresno Buntoro (duduk kanan) dan Wakil Ketua Panitia Otty Ubayani (duduk kiri) 

indopos.co.id – Tanpa mengurangi bobot kegiatan, agenda rutin Diponegoro Fun RunIKA  (Ikatan Keluarga Alumni) Undip (Universitas Diponegoro) tahun ini tetap diadakan pada 3 Oktober 2020. Namun dengan format virtual, setiap peserta akan berlari secara mandiri di tempatnya masing-masing, lalu direkam dan dikirim ke panitia acara.

Hal ini dilakukan, mengingat masih tingginya kasus positif COVID-19 di Indonesia. Sehingga tidak terjadi kerumunan orang dalam jumlah banyak.

“Kami hanya merubah format acara menjadi virtual. Namun, tidak mengurangi esensi kegiatan, dimana kita mau mengajak seluruh masyarakat untuk hidup sehat melalui lari sebagai olahraga yang murah, meriah, dan menyehatkan,” ujar Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, SH., LL.M., Ph.D.,

Ketua Panitia acara Diponegoro Fun Run Virtual 2020 sekaligus Sekretaris Jenderal IKA Fakultas Hukum Undip, Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, dalam jumpa pers, di OH Center, Jakarta Selatan, Selasa (18/8/2020).

Menurutnya, peserta dibagi dua kategori.  Terdiir dari 2,5 kilometer dan 5 kilometer. “Nantinya peserta merekam sendiri dan mengirimkan ke panitia lomba. Selain medali, peserta juga mendapatkan kaos lomba dan paket-paket menarik dari para sponsor,” jelasnya.

Hingga kini, lanjut Kresno, tercatat 3 ribu orang lebih yang mendaftar. “Kemungkinan jumlah peserta akan lebih banyak karena pendaftaran masih dibuka,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Diponegoro Fun Run Virtual 2020 yang juga Ketua Umum Alumni Kenotariatan Undip, Otty Hari Chandra Ubayani mengatakan, acara ini sejatinya dilakukan pada 21 Maret 2020. Namun karena adanya Pandemi COVID-19, acara diundur hingga 3 Oktober 2020.

“Ini merupakan terobosan yang dilakukan alumni, meski di tengah Pandemi, namun berbagai kegiatan apalagi yang sudah menjadi agenda rutin tahunan seperti Fun Run tetap dijalankan dengan format virtual,” kata Otty yang juga dikenal sebagai owner OH Boutique ini.

Dia menjelaskan, acara pembukaan akan dilakukan secara daring di Jakarta melalui aplikasi Zoom Meeting. Grup band D’Masiv bakal tampil sebagai pengisi hiburan.

Peserta merekam hasil kegiatan lari pada aplikasi perekam lari, dan mengirimkan hasil rekaman serta foto kepada panitia. Peserta yang sudah mengirimkan foto dan hasil rekaman lari kepada panitia, akan memperoleh e-certificate.

Periode lari akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 18 Oktober 2020. Peserta wajib men-submit hasil rekaman lari dan foto kepada panitia, juga di tanggal tersebut.

Sebelumnya, panitia akan memberikan racepack yang berisi kaos, medali, BIB, buku panduan dan beberapa produk sponsor pada September 2020 di Semarang dan Jakarta. Untuk pendaftar yang berasal dari luar kota Jakarta dan Semarang, racepack akan dikirim melalui jasa ekspedisi.

Otty memastikan, para peserta akan mendapatkan banyak hal menarik, termasuk dari sejumlah sponsor. “Kalau dulu, pelaksanaan acara yang terpusat di satu tempat, peserta banyak terkendala soal transportasi dan akomodasi. Dengan model virtual sekarang, tidak ada kendala lagi, karena peserta cukup mendaftar dan bisa berlari mandiri di tempatnya masing-masing,” urainya.

Karenanya, dalam kaitan membudayakan hidup sehat, Otty mengajak para alumni Undip dan masyarakat luas untuk bisa segera mendaftar dan meramaikan Diponegoro Fun Run Virtual 2020 ini.

Melalui acara ini, kata Otty, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia bisa hidup sehat. “Tidak perlu terlalu khawatir menghadapi Pandemi COVID-19 ini. Namun, kita juga harus selalu menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan rajin berolahraga,” pungkasnya.

Ikut mensponsori acara ini antara lain, Bank Jateng, BRI, Polytron, Hutama Karya, WIKA Realty, Pertamina, Tolak Linu, Jamkrindo Jateng, Hotel Ciputra Semarang, Swiss-Bell Hotel, Club, Caffino, Taman Sari, Frui, Hotel Dafam dan lainnya. Acara ini diorganized oleh IKA Undip, Ikanot, Ika Medica dan KKP. (mdo)



Apa Pendapatmu?