Kampung Reforma Agraria Wujud Kerja Kolektif Pemerintah untuk Rakyat

indopos.co.id –  Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra berkesempatan mengunjungi Kampung Reforma Agraria di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada Sabtu (15/08/2020).

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan rapat mengenai Model Kampung Agraria di Banten yang dilaksanakan pada pada Jumat (14/08/2020). Di Kampung Agraria, Surya Tjandra berdialog mengenai reforma agraria yang tengah dilaksanakan dengan warga sekitar. Selain itu ia juga meletakkan batu pertama perumahan serta menanam pohon pepaya.

“Reforma Agraria itu memberi keadilan buat warga, meningkatkan kesejahteraan melalui akses kepada tanah. Kami datang ke sini tidak hanya sekali sehabis itu tidak datang lagi, salah satu harapan kami adalah ketika semua masyarakat di sini mendapatkan hak tanah setelahnya agar betul-betul menaikkan kesejahteraan Bapak/Ibu semua. Untuk itu kita butuh strategi, cara, upaya dan ikhtiar,” ucap Surya Tjandra kepada masyarakat yang hadir.

Wamen ATR/Waka BPN juga menjelaskan Kampung Reforma Agraria ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah, wujud kerja kolektif pemerintah untuk rakyatnya. “Pemerintah berperan atas adanya kampung Reforma Agraria ini, Kementerian/Lembaga terlibat, Bupati, Gubernur, Menteri sampai Presiden,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Penataan Agraria, Andi Tenrisau menyampaikan bahwa pada kampung Reforma Agraria ini telah dilakukan pemetaan sebelumnya. “Prosesnya ini bagian dari redistribusi yang sudah di laksanakan, tanah yang dibagikan ke masyarakat harus dikawal selanjutnya apa yang sudah diberikan redistribusi itu betul-betul bermanfaaat bagi kehidupan dan diharapkan dapat mengolah tanah itu secara baik,” tutur Andi Tenrisau.

Sofia (52) salah satu masyarakat Kampung Reforma Agraria mengungkapkan aspirasinya ketika berdialog. “Alhamdulillah atas diberikannya tanah, sertipikat dan rumah. Saya hanya ingin jalan di sini agar diperbaiki dan dibaguskan lagi,” kata Sofia.

Menyambut keinginan Sofia, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng mengatakan jalan di kampung Reforma Agraria akan segera diperbaiki dan pihak Pemprov Banten sangat mendukung akan hal ini. “Untuk jalan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Banten segera dibuat jalan serta Gubernur Banten memberi bantuan pembangunan rumah yang tersisa,” ungkap Kakanwil Provinsi Banten.

Pada kunjungan kali ini Wamen ATR/Waka BPN turut di dampingi oleh Kapolres Pandeglang, Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN, Loso Judijanto; Direktur Landreform Kementerian ATR/BPN; Direktur Pemberdayaan Hak Atas Tanah Masyarakat Kementerian ATR/BPN; Bupati Pandeglang; Kepala Kantor Pertanahan di lingkungan Provinsi Banten; dan Forkopimda daerah setempat.(adv)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.