Alexa Metrics

Pengembangan Pekerja Migran Indonesia Perlu Didukung

Pengembangan Pekerja Migran Indonesia Perlu Didukung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Koordinasi Tugas dan Fungsi Lingkup Kementerian BUMN dan BP2MI di Jakarta, Selasa (18/8/2020).

indopos.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan keberadaan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) sangatlah penting. Selain menjadi diaspora di luar negeri, mereka juga berkontribusi dalam menambah devisa negara.

“Sehingga pemerintah harus hadir untuk melindungi dan memberikan bantuan. Agar para pekerja migran dapat hidup dan bekerja dengan tenang di negara lain,” ujarnya saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian BUMN dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), di Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Erick menambahkan, bentuk dukungan BUMN terhadap PMI, diantaranya fasilitas pengiriman uang yang disediakan oleh PT POS Indonesia. Penyediaan helpdesk keberangkatan dan kepulangan PIM dari PT Angkasa Pura I dan II.

Erick berharap kerja sama antara BP2MI dan BUMN dapat berjalan dengan baik. Dan dapat diperluas di kemudian hari untuk membantu para pekerja migran. Baik ketika mereka merantau maupun sekembalinya ke tanah air.

“Saya juga pernah jadi pekerja migran, waktu mengurus klub basket di Amerika dan klub bola di Italia. Jadi saya sebetulnya ikut merasakan, seperti apa
kerja di luar negeri. Kadang kita suka dianggap sebelah mata, sampai mereka melihat hasil kerja kita,” pungkas Erick.

Sementara itu, Kepala BP2MI Benny Ramdhani menambahkan, disamping penandatangan MoU dengan Kementerian BUMN, dilaksanakan juga Tiga Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BP2MI dengan BUMN.

Pertama, Perjanjian Kerja Sama antara BP2MI dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk tentang Penyediaan Layanan Perbankan, Sosialisasi Bersama, dan Pemberdayaan PMI dan Keluarga PMI.

Kedua, Perjanjian Kerja Sama antara PT Pegadaian (Persero) dan BP2MI tentang Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia. “Ketiga, Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BP2MI dan PT Pos Indonesia (Persero) tentang Pemanfaatan Layanan PT Pos Indonesia (Persero) bagi PMI dan Keluarga
PMI,” pungkasnya.(dai)



Apa Pendapatmu?