Alexa Metrics

Bantu Siswa Belajar Daring, Fraksi PAN DPRD DKI Pasang Wi-Fi Gratis

Bantu Siswa Belajar Daring, Fraksi PAN DPRD DKI Pasang Wi-Fi Gratis Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani meninjau salah satu titik layanan wi-fi gratis Fraksi PAN di Jakarta Barat belum lama ini. (Foto: ist)

indopos.co.id – Geram dengan kondisi pendidikan yang ”terjajah” oleh kuota internet,  Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta akhirnyan bertekat untuk menyediakan layanan wi-fi gratis di seluruh wilayah DKI Jakarta. Padahal, pemerintahlah yang seharusnya menyediakan fasilitas tersebut untuk membantu beban masyarakat yang terdampak COVID-10.

Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani, mengatakan setelah pemasangan free wi-fi di Jakarta Barat, pihaknya menyadari perlu memperluas jangkan menyediakan layanan internet gratis. ”Karena masih banyak orang tua dan siswa yang terbebani biaya kuota internet,” ungkap Zita yang juga anggota Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta itu.

Menurutnya, apalagi Indonesia sedang dalam nuansa dirgahayu ke-75. Pihaknya ingin menyambut kemerdekaan ini dengan sesuatu yang bermanfaat  agar masyarakat bisa benar-benar merayakan kemerdekaan. ”Tanpa memandang ekonomi ataupun status sosial. Semua berhak untuk merasakan nikmatnya kemerdekaan, merdeka dalam hal apapun, termasuk pendidikan,” ungkapnya.

Akhirnya Fraksi PAN melanjutkan aksi memasang wi-fi gratis se-DKI Jakarta. ”Saya dan kawan-kawan serentak pasang Free Wifi di dapilnya masing-masing, agar anak-anak bisa mengakses pendidikan dengan baik. Kalau semua anak sudah mendapatkan akses, baru bisa disebut merdeka belajar,” ucapnya.

Menurut Zita, pihaknya meluncurkan perdana free wifi PAN se-DKI Jakarta. Kegiatan belajar anak menggunakan Free Wifi PAN, langsung dipantau oleh Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, bersama anggota DPR RI Komisi X F.PAN.

Kehadiran Ketua Umum PAN tentu menjadi magnet tersendiri. Antusias orang tua dan anak semakin terlihat dari ekspresi wajahnya. Tidak bisa di sembunyikan, kebahagiaan mereka ketika bantuan Free Wifi datang di lingkungannya, ditambah proses belajarnya langsung di sapa oleh Bapak Zulkifli Hasan.

”Kami senang ketika melihat senyum orang tua dan anak-anak bisa lepas, tanpa harus memikirkan beban kuota. Anak bisa terus belajar untuk mengasah kemampuannya. Memang seharusnya begitu, cita-cita kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar putri Zulkifli Hasan tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut adalah bentuk komitmen kami pada konstituen. Hal tersebut sekaligus bukti sebagai legislatif pihaknya tidak hanya mengkritik eksekutif, tapi juga turun langsung. ”Hal ini untuk mentrigger agar pemerintah segera melakukan aksi nyata di dunia pendidikan,” ujarnya.

Awali di Tujuh Titik

Zita bersama Fraksi PAN DPRD DKI memnyediakan akses internet dan pembagian gawai (gadget) gratis di sejumlah RW di Kecamatan Cengkareng dan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Ada tujuh wifi gratis dipasang di sejumlah titik  di kedua wilayah kecamatan tersebut seperti di RT06 RW04, RT02 RW14, RT05 RW01, RT05RW.06, RW01 RT02 dan RT06, RT09RW09.

”Saya, Zita Anjani (Wakil Ketua DPRD DKI) dan Bung Hakim (Komisi A) langsung turun memantau pembelajaran daring yang menggunakan free wifi. Antusiasme masyarakat begitu tinggi, anak-anak hadir didampingi orang tua, dengan menggunakan seragam sekolah lengkap,” ungkapnya.

Siswa berkumpul di satu titik dengan menerapkan protokol Kesehatan untuk bisa menggunakan free wifi. ”Kami gunakan fasilitas umum di masyarakat untuk anak-anak belajar, terutama di Masjid dan Musala, kita berdayakan menjadi wadah untuk menuntut ilmu. Tidak ada alasan selagi kita mau. Terlalu lama kalau menunggu eksekusi dari pemerintah,” ujar Zita.

Menurutnya, yang dilakukan bersama fraksinya itu merupakan wujud kepedulian yang nyata terhadap dunia pendidikan Indonesia. Tujuannya untuk membantu siswa yang kesulitan membeli kuota internet, maupun kesulitan mendapatkan jaringan internet untuk mengikuti sekolah daring. ”Jadi tidak ada unsur politis yang sering dituding oleh oknum yang tidak peduli pendidikan anak,” ungkapnya.

Zita mengatakan, pihaknya tidak hanya mengkritisi, tapi memberi solusi yang sebenarnya adalah tugas dari pemerintah. Bahkan tidak hanya solusi berupa gagasan, tapi langsung dengan tindakan. ”Kami sudah buktikan PAN itu Partai Amanat Nasional, tapi juga Pendidikan Anak Nasional. Makanya kami pastikan akan terus mengkritisi pendidikan sampai ada inovasi,” bebernya.

Dirinya berharap Langkah Fraksi PAN DPRD DKI ini bisa dicontoh oleh Pemerintah Pusat maupan Pemprov DKI yang seolah-olah ”gagap” dengan keadaan rakyatnya. Hal tersebut juga patut ditiru pula oleh para kalangan mampu untuk berdonasi di dunia pendidikan. Menurutnya, pemerintah tak perlu malu untuk segera menerapkan langkah yang sama. Bahkan dirinya menuntut agar pemerintah melaksanakan dengan yang lebih baik lagi.

”Tidak perlu khawatir jika free wifi di anggap akan membawa dampak negatif bagi anak. Wifi ini hanya aktif pada jam sekolah, apabila sudah selesai kegiatan belajar, maka otomatis jaringan internet wifi akan mati. Sehingga tidak bisa di akses untuk membuka hal-hal di luar pendidikan anak,” ujarnya.

Dia mendesak, pemerintah harus segera laksanakan langkah tersebut. Jangan terlalu banyak berdebat dalam rapat, rakyat butuh kerja nyata para pejabat. Menurut Zita, Langkah tersebut menjadi amal ibadah bagi pejabat apabila menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan peduli dengan kesulitan masyarakat. ”Mas Menteri , Pak Gubernur, kami F.PAN dan rakyat menunggu perhatian kalian. Tunaikan sila ke-5 Pancasila, keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” cetusnya. (dni)



Apa Pendapatmu?