Alexa Metrics

Tagar #KorlantasAntisipasiLibur Peringkat Satu Trending Topic Twitter Indonesia

Tagar #KorlantasAntisipasiLibur Peringkat Satu Trending Topic Twitter Indonesia Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia Inspektur Jenderal Pol Istiono (tengah) meninjau Pos Pengamanan Ruas Tol Jakarta Cikampek Kilometer (Km) 29 pada Rabu malam (19/8/2020).

indopos.co.id – Hastag #KorlantasAntisipasiLibur terus digaungkan oleh warganet di Twitter, bahkan menjadi peringkat pertama Trending Topic Indonesia pada Kamis (20/8/2020) pagi. Hal ini  tidak terlepas dari antisipasi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) libur panjang Tahun Baru Islam 1442 Hijriah untuk mudik dan mengunjungi tempat wisata.

Korlantas Polri memprediksi ada peningkatan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan, terutama dari Jakarta dan sekitarnya menuju Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung. Perkiraan tersebut didasari adanya libur panjang ini.

Untuk memberikan support moral kepada para aparat yang betugas di lapangan di tengah Pandemi COVID-19 hastag #KorlantasAntisipasiLibur terpantau lebih dari 6.522 tweet warganet pada Kamis pagi (20/8/2020).

Berikut beberapa tweet warganet tersebut:

@AryPrasetyo85

#KorlantasAntisipasiLibur Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan, kalau diperlukan petugas di lapangan harus menerapkan contra flow atau buka tutup jalan di area yang dipadati kendaraan pemudik. Pada Rabu, 19 Agustus malam diprediksi akan menjadi puncak arus mudik

@Capunkkecil

Korlantas memperkirakan akan ada peningkatan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan terutama dari Jakarta dan sekitarnya menunju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung. “Diperkirakan peningkatan arus mudik ini disebabkan libur tahun baru Hijriyah 1442. #KorlantasAntisipasiLibur

@cece_safitri

#KorlantasAntisipasiLibur Korlantas Polri mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat libur panjang cuti bersama Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, Kamis (20/8) sampai Minggu (23/8).
@NTMCLantasPolri
@TMCPoldaMetro
#KorlantasAntisipasiLibur

@DewiRadesa

Apresiasi untuk jajaran Korlantas Polri
#KorlantasAntisipasiLibur

Sebelumnya, Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Istiono meminta petugas di lapangan mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas para pemudik. Ini penting agar tidak menyebabkan kemacetan panjang. Terutama untuk mewaspadai jalur tol dan arteri.

Dikatakan, untuk pengamanan saat libur panjang ini, Korlantas Polri telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Salah satu hasil kesepakatan antara Polri dan Ditjen Hubdar adalah melarang truk barang untuk melintas di jalan tol yang sudah ditetapkan saat libur panjang.

Pihaknya juga meminta pengelola jalan tol untuk menyiapkan rest area bagi para pengguna jalan bebas hambatan yang dilintasi. Hal tersebut untuk mencegah adanya penumpukan masyarakat di dalam lokasi rehat bagi kendaraan dan pengemudi.

“Saya perintahkan ke jajaran apabila rest area sudah penuh kita tutup. Jadi tidak ada antrean di sana. Ini sudah kita koordinasikan dengan Dirlantas (Direktorat Lalu Lintas) dan Kemenhub dengan pengelola tol,” tegas Istiono.

Kakorlantas menambahkan, untuk pengamanan lalu lintas saat libur panjang ini, Polri akan mengerahkan sepertiga pasukan yang ada yang akan ditempatkan di masing-masing wilayah. Ini hanya operasi rutin yang kita tingkatkan sebagai upaya antisipasi.(mdo)



Apa Pendapatmu?