Alexa Metrics

Tim DPR-Buruh Bahas 9 Isu Krusial RUU Cipta Kerja

Tim DPR-Buruh Bahas 9 Isu Krusial RUU Cipta Kerja ruu cipta kerja lagi
Indopos.co.id – DPR membentuk tim untuk menampung aspirasi serikat buruh dalam pembahasan Rancangan Undang Undang (RUU) Cipta Kerja atau Omnibus Law. Serikat buruh dilibatkan dalam pembentukan tim khusus untuk membahas sejumlah pasal RUU Cipta Kerja.
“Tim terdiri dari Panitia Kerja DPR dan serikat buruh yang keluar dari tim teknis pemerintah,” kata Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Willy Aditya, Kamis (20/8/2020).
Willy mengatakan, ada sembilan isu yang akan dibahas oleh tim yang berisi Panja DPR dan perwakilan serikat buruh ini. Termasuk di antaranya beleid tentang upah minimum, pesangon, maupun jaminan sosial.
“Masih menjadi catatan perdebatan tentang standar dan kriteria masuknya izin tentang tenaga kerja asing, ada 9 poin tentang upah, job scurity, itu yang akan dibahas. Subtansinya ada sembilan poin,” terang Willy.
Willy mengatakan, pembahasan RUU Cipta Kerja dilakukan dalam dua putaran. Putaran pertama dilakukan oleh Panja Baleg dengan perwakilan serikat buruh. Kedua, hasil pembahasan kemudian disampaikan ke pimpinan DPR.
“Nanti akan ditentukan mana yang akan menjadi kesepakatan dan kesepahaman bersama, baru selanjutnya dibawa ke Baleg,” kata Willy. (yay)



Apa Pendapatmu?