Alexa Metrics

Lewat Sosialisasi 4 Pilar, Politisi Golkar Ini Ajak Implementasikan Pancasila

Lewat Sosialisasi 4 Pilar, Politisi Golkar Ini Ajak Implementasikan Pancasila Foto: Istimewa

indopos.co.id – Anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto melakukan sosialisasi empat pilar MPR RI di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Dalam sambutannya Politisi Partai Golkar ini mengatakan, guru memegang peran penting untuk menciptakan bangsa yang berkualitas.

“Guru adalah soko guru bagaimana bangsa ini bisa mencapai kualitas. Tidak mungkin kita menjadi sesuatu tanpa guru,” ujar Panggah Susanto dalam keterangan di Jakarta, Kamis (20/8/2020).

Ia mengajak seluruh elemen bangsa untuk cinta tanah air, berbakti kepada guru dan orangtua. Lebih jauh ia mengungkapkan, dasar negara Indonesia adalah Pancasila. “Indonesia bukan negara ateis, sekuler atau liberal. Oleh karena itu, sudah sepatutnya bangsa Indonesia harus menerima Pancasila,” katanya.

Selanjutnya, menurut Panggah seluruh warga bangsa harus mencari tahu apa itu Pancasila. Setelah memahami Pancasila menjadi landasan negara, maka setiap warga bangsa wajib menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuannya, agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kokoh, sejahtera, tenteram, dan bahagia, sesuai tujuan negara kita. “Pancasila itu sudah benar. Kita tidak lagi pada pembahasan, bagi kita itu sudah selesai. Kalau untuk memperkuat, kita harus pada tahap implementasinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Akhmad Sariyono menuturkan, sosialisasi empat pilar merupakan program nasional. Program kebangsaan ini sudah tepat dilakukan. “Kami (organisasi guru) menjadi embrio di lapangan, baik bicara soal anak, orang tua hingga pemuda, semua bermuara pada guru. Guru sebagai garda terdepan dalam pembangunan bangsa lewat pedidikan,” ujarnya.

Di Era yang lalu, menurut Akhmad, program P4 merupakan makanan pokok di dunia pendidikan. Semestinya di tahun 2020 ini sudah masuk pada tataran implementasi, tidak sekedar slogan “Kami pancasila” tapi perilakunya jauh dari nilai-nilai Pancasila.

“Sesungguhnya masyarakat sangat menginginkan P4 dan pilar-pilar kebangsaan. Kita berharap MPR RI melakukan kajian mendalam tentang pilar-pilar kebangsaan,” katanya. (mdo)



Apa Pendapatmu?