Lionel Messi Pilih Tinggalkan Barcelona

indopos.co.id – Superstar Barcelona Lionel Messi akhirnya blak-blakan soal masa depannya. Setelah gagal di perempat final Liga Champions, Messi memilih liburan bersama keluarga dan kerabatnya di Ibiza. Namun, Kamis (20/8), Messi tiba-tiba nongol di Barcelona.

Kapten tim nasional Argentina itu bahkan sudah bicara langsung dengan pelatih baru Ronald Koeman. Kepada sang mentor, La Pulga mengatakan, ia sudah tidak percaya kepada Presiden Klub Josep Bartomeu. Ibarat dua kaki manusia, satu kaki Messi kini sudah berada di luar. Radio Catalan RAC1 melaporkan, He’s more out then in soal Messi. Artinya, Messi lebih memilih ke luar daripada bertahan.

Baca Juga :

Lyon Bantah Rumor Transfer Depay ke Barcelona

Dengan demikian, persoalan internal di Barcelona jadi kian terang benderang. Ada beberapa pilihan untuk memulihkan keadaan. Pertama, menggelar pemilihan presiden klub secepatnya.  Dengan demikian, gerbong manajemen pimpinan Josep Bartomeu harus mengakhiri kiprahnya di Barcelona. Selama ini, Bartomeu mengatakan, pemilihan presiden klub yang baru digelar pertengahan 2021.

Kedua, kalau manajemen tetap bersikukuh tahun depan, maka, Barcelona akan melakukan perombakan total. Sejumlah pemain senior yang berusia di atas 30 akan check out dari Catalan. Pemain-pemain itu, yang selama ini menjadi ‘’Geng Messi’’ Messi adalah Luis Suarez, Gerard Pique, Jordi Alba, Sergio Busquets, plus Ivan Rakitic. Pique bahkan sudah terang-terangan akan pergi kalau manajemen mengingingkan pemain baru.

Baca Juga :

Koeman: Barca Bisa Main dengan Gaya Berbeda

Yang jadi soal justru Messi sendiri. Superstar berusia 33 tahun itu praktis baru bisa meninggalkan Barcelona tahun depan dengan status bebas transfer. Sebab, Messi punya klausa rilis setinggi langit. Silakan merekrut Messi asalkan membayar 630 juta pounds atau 700 juta euro.

Dengan demikian, kalau manajemen memilih bertahan, Messi memang harus dilepas. Harga transfernya  tergantung pada seberapa hebat tim negosiasi klub menemukan titik temu dengan agen Messi.

Baca Juga :

Klub Eksklusif Ronaldo-Messi

Berita itu tentu saja membuat Manchester City pasang kuda-kuda. Pep Guardiola selalu mengatakan bahwa Messi harus menyelesaikan karirnya di Barcelona, tetapi jika sang pemain sendiri memilih keluar maka dia dapat mempertimbangkan kembali untuk merekrut Messi.

Pada kesempatan terpisah, pelatih baru Ronald Koeman berjanji melakukan cuci gudang terhadap pemain senior, kecuali Messi. “Dia adalah pemain Barcelona. Dia masih punya kontrak satu tahun lagi. Saya tidak tahu apakah saya harus meyakinkan dia untuk tetap tinggal, “kata Koeman seperti dikutip Marca, Jumat (21/8/2020).

Pelatih Belanda itu juga menegaskan, dia hanya menginginkan pemain yang ingin berada di klub. Bartomeu, yang akan mundur sebagai presiden pada akhir musim depan, selalu menegaskan Messi akan pensiun di klub tersebut. Dia tidak ingin warisannya yang tercemar termasuk memaksa pemain terbaik klub sepanjang masa keluar.(max)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.