Menyusuri Labirin Senyap Angkor Wat

indopos.co.id – Sebanyak 1,2 juta wisatawan dari seluruh dunia berkunjung ke Candi Angkor Wat di Kamboja. Candi yang dibangun pada abad ke-12 Masehi itu dikenal masyarakat dunia karena menjadi latar film “Tomb Rider” yang dibintangi Angelina Jolie. Angkor Wat memiliki gaya arsitektur mirip Candi Borobudur dan Prambanan.

Beberapa sejarahwan mengungkapkan, perkembangan Angkor tak lepas dari pengaruh kerajaan Jawa masa Dinasti Sailendra yang menguasai sejumlah kerajaan di Asia Tenggara pada abad ke-7 Masehi. Menjadi monumen keagamaan terbesar di dunia, Angkor Wat menyimpan kisah masa lalu tentang kegigihan seorang arsitek Kamboja.

Saking luasnya Angkor Wat Kamboja sampai disebut sebagai “Temple City”. Candi-candi yang ada di Angkor Wat bak labirin pertahanan dari dinding. Lima menara megah serta arca-arca batu pasir menjadi simbol kebudayaan nasional Kamboja.

Angkor Wat juga menjadi salah satu bangunan keagamaan terbesar hasil ekspresi arsitektur kuno yang pernah dibangun. Candi tersebut diperkirakan sudah ada sejak 900 tahun yang lalu dan terbentang sekitar 400 km persegi.

Arsitek dan pematung lokal Dy Proeung susah payah menciptakan kembali model rumit Angkor Wat dari batu pasir merah muda dengan skala miniatur. Berkunjung ke Angkor Wat belum lengkap rasanya jika tidak menaiki balon udara. ‘’Naik balon udara di Angkor Wat jadi satu impian yang terwujud,’’ kata Malva, salah satu turis mancanegara. (dew)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.