Alexa Metrics

Beberapa Hewan ini Memiliki Tingkat Kecerdasan Tinggi

Beberapa Hewan ini Memiliki Tingkat Kecerdasan Tinggi

indopos.co.id – Kecerdasan pada hewan memiliki bentuk yang berbeda dengan manusia. Beberapa hewan bisa memiliki jenis kecerdasan seperti pemahaman bahasa, pengenalan diri, kerja sama, altruisme, pemecahan masalah, bahkan keterampilan matematika. Baik itu hewan laut, mamalia, atau burung, berikut beberapa hewan yang dianggap memiliki tingkat kecerdasan lebih dari hewan lainnya.

1. simpanse Simpanse dianggap memiliki tingkat kecerdasan yang mirip dengan manusia. Hewan ini diketahui dapat membuat alat dan menggunakannya untuk memperoleh makanan. Mereka memiliki strategi perburuan canggih yang membutuhkan kerjasama. Mereka juga menggunakan pengaruh dan peringkat sosial. Simpanse diketahui sadar akan status, manipulatif dan mampu menipu.

Hewan yang dianggap sebagai kerabat dekat manusia ini juga dapat belajar menggunakan simbol dan memahami aspek bahasa manusia termasuk beberapa sintaksis relasional, konsep angka, dan urutan numerik. Tidak hanya itu, simpanse juga mampu merencanakan keadaan atau peristiwa masa depan secara spontan. Hewan ini juga dapat mengenali bayangan mereka di cermin.

Beberapa Hewan ini Memiliki Tingkat Kecerdasan Tinggi

2. Gajah Gajah memiliki ukuran otak terbesar dibandingkan mamalia darat lainnya. Korteks otak gajah memiliki neuron sebanyak otak manusia. Gajah diketahui memiliki ingatan yang luar biasa, mampu bekerjasama satu sama lain, dan memiliki indikasi kesadaran diri.

Meskipun tidak semaju simpanse, gajah juga dapat menggunakan alat. Mereka dianggap memiliki ingatan yang sangat baik dan mampu mengenali diri mereka di cermin. Selain itu, gajah merupakan hewan yang sangat emosional dan penuh kasih sayang.

Gajah sering terlihat merawat teman-teman mereka yang terluka. Merkea juga menunjukkan perilaku bersedih dan berduka atas kematian teman-teman mereka. Gajah juga tampaknya memiliki beberapa ritual seputar kematian dan menunjukkan minat yang kuat pada tulang jenis mereka sendiri dan terkadang terlihat sedang menguburkannya.

Beberapa Hewan ini Memiliki Tingkat Kecerdasan Tinggi

3. Lumba-lumba Lumba-lumba secara luas diketahui memiliki tingkat kecerdasan yang luas. Mamalia laut ini dikenal ramah, memiliki keingintahuan tinggi, empatik, dan kooperatif. Lumba-lumba bahkan diketahui memiliki keterampilan komunikasi yang hebat dan dapat belajar untuk memanggil satu sama lain dalam bentuk siulan.

Dengan sikap ramah dan mudah dilatih, lumbalumba jelas menjadi karakter populer dalam serial televisi atau pun film. Hal yang mengejutkan adalah sebuah studi mengungkapkan bahwa lumba-lumba menunjukkan tanda-tanda pengenalan diri pada usia 7 bulan, lebih cepat dari pada manusia dan simpanse.

Beberapa Hewan ini Memiliki Tingkat Kecerdasan Tinggi

4. Burung Beo Burung beo diketahui memiliki kecerdasan layaknya anak-anak. Burung ini mampu menyelesaikan teka-teki dan memahami konsep sebab-akibat. Di antara seluruh jenis burung beo di dunia, yang paling pintar adalah jenis African Grey.

Tidak hanya mampu mempelajari banyak kata, burung beo jenis African Grey juga menunjukkan pemahaman yang lebih kompleks seperti angka nol, persamaan, dan perbedaan. Beberapa peneliti Harvard menemukan bahwa African Grey mereka dapat mengidentifikasi warna dan menunjukkan bahwa mereka memproses informasi visual dengan cara yang mirip dengan manusia.

Beberapa Hewan ini Memiliki Tingkat Kecerdasan Tinggi

5. Gurita Gurita dianggap sebagai invertebrata paling cerdas. Mereka menunjukkan kapasitas pembelajaran spasial yang mengesankan, dan memiliki kemampuan navigasi. Gurita memiliki otak terbesar dari invertebrata mana pun, namun tiga perlima neuronnya ada di lengannya.

Gurita diketahui memiliki teknik predator dan merupakan satu-satunya invertebrata yang dapat menggunakan alat. Seekor gurita bernama Otto diketahui melemparkan batu dan menyemprotkan air ke lampu-lampu terang di akuarium untuk menyerangnya. (fay)



Apa Pendapatmu?