Alexa Metrics

Lahirkan Pemimpin Berkualitas, Pilkada Watch Optimalkan Keterlibatan Masyarakat

Lahirkan Pemimpin Berkualitas, Pilkada Watch Optimalkan Keterlibatan Masyarakat Pilkada

indopos.co.id – Lembaga Pilkada Watch optimalkan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun ini guna melahirkan pemimpin yang berkualitas lawan Pandemi COVID-19.

“Para calon kepala daerah dalam kampanye harus ada kesadaran adanya protokol COVID-19. Jangan sampai hasrat untuk meraih kekuasaan dengan mengumpulkan massa justru menjadi kluster baru penyebaran COVID-19,” ujar Direktur Eksekutif Pilkada Watch, Wahyu A. Permana kepada INDOPOS melalui keterangan tertulis, Minggu (23/8/2020).

“Di era Pandemi sekarang ini kita berharap calon yang diusung parpol juga peduli terhadap protokol kesehatan COVID-19, karena jika protokol kesehatan saja diabaikan, bagaimana mereka bisa peduli terhadap masyarakat,” kata Wahyu.

Wahyu juga berharap KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) memiliki instrumen yang dapat membubarkan pertemuan calon kepala daerah yang tidak berkualitas karena tidak mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

“Di sini kami ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengawasi pelaksanaan pillkada agar lebih berkualitas, aman dari COVID-19, hingga aman dari pelanggaran seperti jual beli suara, mobilisasi ASN (aparatur sipil negara) dan sebagainya,” tegas Wahyu.

Anggota KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengapresiasi imbauan yang disampaikan Pilkada Watch. “Saya menyambut baik dan terima kasih kepada Pilkada Watch yang telah mengawasi dan mengingatkan kami terutana terkait protokol kesehatan,” katanya.

Aturan tersebut sudah ada di PKPU nomor 6 tahun 2020. Pihaknya berharap, disamping menyediakan pemilu yang demokratis, tapi juga masyarakat selalu sehat selama prosrs pelaksanaan pemilihan serentak tahun ini.

Sementara, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PAN (Partai Amanat Nasional) Viva Yoga berharap pemilihan serentak kali ini harus berkualitas, berintegritas dan profesional. Pilkada langsung merupakan proses kedaulatan rakyat yang menghasilkan pemimpin yang baik, benar dan amanah.

“Proses ini akan mubazir apabila menghasilkan produk pilkada yang cacat moral. Ini tanggung jawab kita semua termasuk partai politik,” tegas Viva Yoga.(mdo)



Apa Pendapatmu?