Alexa Metrics

Peminat Menjamur, MPR Minta Pemerintah Tambah Jalur Sepeda

Peminat Menjamur, MPR Minta Pemerintah Tambah Jalur Sepeda Meski didukung pemerintah, para pesepeda diminta tertib ikuti rambu lalu lintas di jalan. (Foto: ANTARA)

indopos.co.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa tren lonjakan orang bersepeda di Tanah Air semestinya membuat Pemerintah mau mempertimbangkan kebijakan memperluas jalur khusus bersepeda.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo menambahkan, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyediakan jalur sepeda sementara atau pop up bike line di ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

“Dengan meningkatnya pengguna sepeda di tengah pandemi, Pemerintah harus cepat tanggap menjadikan sepeda sebagai salah satu alternatif alat transportasi untuk bekerja atau pun melakukan kegiatan seharihari,” ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Mantan Ketua DPR RI itu menuturkan, banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan bersepeda, di antaranya meningkatkan kekuatan serta keseimbangan tubuh, mengendalikan berat badan, menjaga kesehatan jantung serta mengurangi stres. Ia menilai dengan bersepeda, tubuh juga dapat meningkatkan imunitas yang dibutuhkan di masa pandemi COVID-19.

Selain itu, bersepeda juga dinilai dapat memperkuat otot dan membakar lemak. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia itu menilai tren baru bersepeda sangat baik. Untuk itulah, Bamsoet bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (Gerak BS) Fun Bike Club dan Moulton Bicycle Club Indonesia juga melakukan kegiatan Sepeda Sehat atau Gowes Sehat.

Kegiatan itu mengambil rute awal Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan hingga Gelora Bung Karno (GBK), dan diadakan dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI.

“Banyak cara merayakan HUT Kemerdekaan RI. Salah satunya dengan bersepeda bersama agar tubuh tetap sehat. Apalagi, saat ini bersepeda merupakan olahraga yang sedang digandrungi masyarakat luas,” ujar Bamsoet, usai Gowes Sehat di Jakarta, Sabtu (22/8).

Ia mengatakan bahwa saat ini, pengguna sepeda di Tanah Air mengalami lonjakan pesat. Berdasarkan Survei The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), pengguna sepeda hingga Juni 2020 terus meningkat hingga 10 kali lipat atau meningkat 1.000 persen saat PSBB Jakarta, dibandingkan dengan pada Oktober 2019.

Memang, kata Bamsoet, dari dulu juga sudah ada orang yang berangkat kerja dengan menggunakan sepeda, hingga memunculkan komunitas ‘Bike to Work’. Karena itu, guna mendukung tren baik ini, Bamsoet mengingatkan agar pengguna sepeda selalu mengutamakan keselamatan serta taat pada aturan.

“Bagi para pesepeda juga harus berhati-hati serta tertib saat bersepeda di jalan raya. Jaga keselamatan dan hati-hati dalam bersepeda. Gunakan alat pelindung, seperti helm. Waspada dan tetap di jalur yang sudah ditentukan. Sopan di jalan, patuhi aturan. Zero accident, no complain,” ujar Bamsoet pula.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihak memang berencana menambah jalur khusus sepeda di jalanan Jakarta. Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menggodok aturan tersebut.

“Dinas Perhubungan DKI sedang mengatur, tidak hanya penambahan panjang, tapi juga lebarnya (jalur sepeda),” kata Riza Patria.

Prinsipnya, kata dia, Pemprov DKI siap memberi pelayanan dan fasilitas terbaik bagi pesepeda dan pejalan kaki yang ada di Jakarta. Apalagi, katanya, saat ini tren olahraga sepeda meningkat tajam selama pandemi covid-19 (korona). Olahraga tersebut juga membantu menaikkan stamina tubuh dan akhirnya baik bagi imun tubuh untuk melawan ancaman virus corona yang sedang menjadi pandemi di tanah air.

Sebagai wakil gubernur, Riza Patria mengapresiasi masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi jarak dekat di Jakarta. Untuk itu, pihaknya memutuskan menambah jalur sepeda. “Mudah-mudahan warga Jakarta bisa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi yang murah. Tidak hanya alat olahraga dan rekreasi, tapi juga transportasi,” ucap Riza. (ant)



Apa Pendapatmu?