Alexa Metrics

Antisipasi Polri Lancarkan Lalu Lintas Libur Panjang Diapresiasi

Antisipasi Polri Lancarkan Lalu Lintas Libur Panjang Diapresiasi Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri (Kepolisian Republik Indonesia) Inspektur Jenderal Istiono (tengah) bersama Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Komisaris Besar Rudy Antariksa (kiri) saat meninjau Pos Pengamanan Libur Panjang Tol Jakarta – Cikampek Km (kilometer) 62 B Karawang, Jawa Barat.

indopos.co.id – Kondisi arus lalu lintas (lalin) libur panjang Tahun Baru Islam yang terpantau aman dan lancar tidak terlepas dari peranan Polri (Kepolisian Republik Indonesia) dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) yang terus berupaya menerapkan manajemen lalu lintas dan antisipasi yang baik.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari pakar bidang Psikologi Lalu Lintas (traffic psychology) yang juga Guru Besar Universitas Indonesia Prof. Dr. Guritnaningsih P. Santoso. Menurutnya, peningkatan kualitas kerja Korlantas dalam mengatur lalu lintas semakin kuat.

“Saya kira komitmen Korlantas untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan di jalan raya, serta ketertiban dalam berkendara sudah semakin kuat,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Senin (24/8/2020).

Selain itu, indikator yang mendorong kondisi lalu lintas berjalan dengan lancar juga dikarenakan telah terjalinnya koordinasi yang baik antar jajaran di institusi Kepolisian yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas tersebut sehingga setiap kebijakan-kebijakan selalu kompak dijalankan dengan maksimal.

“Hal itu tentunya terbentuk dengan adanya kebijakan yang secara internal Korlantas disosialisasikan ke jajaran di daerah,” imbuhnya.

Guritnaningsih menilai bentuk kepemimpinan yang baik dengan bersedia memantau secara langsung kondisi lalu lintas telah ditunjukkan oleh Kakorlantas sehingga menularkan semangat kerja yang tinggi kepada petugas yang bekerja siang malam.

“Keterlibatan pimpinan yang ikut terjun ke lapangan saya kira juga pegang (punya) peranan,” tuturnya.

Sementara itu, apresiasi juga datang dari Indonesia Bureacracy and Service Watch (IBSW) atas lancarnya lalin arus balik liburan panjang Tahun Baru Islam.

“Dalam waktu berdekatan kita ada 3 Libur panjang, Libur Idul Adha, 17 Agustus-an dan Tahun Baru Islam. Polri khususnya Korlantas mampu antisipasi dan bersinergi dengan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) dan Dishub (Dinas Perhubungan) daerah dan membuat arus lalin lancar, ini harus diapresiasi,” ujar Sekretaris Eksekutif IBSW Varhan Abdul Azis, melalui pesan singkat, Senin (24/8/2020).

Diketahui, Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono memantau patroli ruas tol Jakarta – Cikampek untuk memastikan kelancaran arus balik long weekend Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah dari luar daerah menuju Jakarta.

Istiono menyampaikan, kondisi arus kendaraan menuju Jakarta terpantau lancar.

“Jadi kita lihat di KM (kilometer) 62 ini, ramai lancar. Jadi hanya tinggal 10 persen dan 8 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta pada Minggu, 23 Agustus,” jelasnya, yang didampingi Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Komisaris Besar Rudi Antariksa, Wakil Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Ahmad Fuady dan Wakil Kepala Kepolisian Resor Karawang Komisaris Polisi Faisal Pasaribu, saat memantau patroli. (mdo)



Apa Pendapatmu?