Alexa Metrics

Pembangunan Pelabuhan Terus Dikerjakan

Pembangunan Pelabuhan Terus Dikerjakan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat

indopos.co.id – Pemerintah optimistis Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, dapat diselesaikan untuk tahap I pada Oktober 2020 ini.

“Sehingga bisa dilakukan soft launching pada November 2020,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada acara Webinar Transportasi Untuk Merajut Keberagaman Episode 4 : Moda Transportasi Laut, Senin (24/8/2020).

Selanjutnya, kata dia, terdapat pembangunan Pelabuhan Kijing yang terletak di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Pelabuhan tersebut merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional.

“Nantinya Pelabuhan Kijing akan menjadi pelabuhan berstandar internasional terbesar di Pulau Kalimantan,” jelas Budi Karya.

Begitu juga dengan Pelabuhan Gilimas Lombok. Pihaknya kata dia, terus berupaya mendorong pelaksanaan pembangunan dan pengembangan Terminal Gilimas guna mendukung pariwisata di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu pada 2020 ini, terdapat beberapa infrastruktur perhubungan laut yang pembiayaan pembangunannya akan dilaksanakan melalui skema pendanaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sebagai alternatif pembiayaan pembangunan oleh Pemerintah selain melalui APBN.

“Di antaranya adalah pengembangan Pelabuhan Seba di Nusa Tenggara Timur dan pembangunan Menara Suar Tanjung Batu di Tarakan, Kalimantan Utara,” jelas Budi Karya.

Dia juga menyampaikan bahwa di masa kondisi Pandemi COVID-19 ini Kementerian Perhubungan terus melaksanakan salah satu program transportasi laut yang berperan langsung dalam merajut keberagaman. Dengan menciptakan kesetaraan dan pemerataan ekonomi yaitu Tol Laut.

Program yang telah dimulai pada tahun 2015 ini, sampai dengan 2020 telah mengoperasikan 26 trayek angkutan barang tol laut, 110 trayek pelayaran perintis dan 6 trayek kapal ternak.

“Salah satu program yang berkaitan dengan upaya peningkatan konektivitas antar wilayah di Indonesia untuk kesetaraan perekonomian adalah tol laut,” pungkasnya. (dai)



Apa Pendapatmu?