Alexa Metrics

Jalan Paling Maut di Dunia

Jalan Paling Maut di Dunia

indopos.co.id – Setiap tahun, korban meninggal karena kecelakaan lalu lintas mencapai hampir 1,3 juta jiwa. Kematian akibat kecelakaan bisa saja dicegah jika pengemudi lebih waspada. Namun, ada jalan yang benar-benar membutuhkan keberanian dan keterampilan seorang pengemudi, baik itu wilayah gunung yang terjal ataupun tikungan yang tajam. Hanya orang-orang bernyali besar yang sanggup melewati jalan-jalan ini. Berikut daftar jalan-jalan paling berbahaya di dunia.

1. Jalan Kematian di Bolivia

Jalan Kematian di Bolivia pernah dinyatakan sebagai jalan paling berbahaya di dunia oleh Development Bank antar-Amerika. Perjalanan dari La Paz menuju Coroico turun tajam sejauh 65 kilometer.

Bagi para pengendara sepeda yang mencintai petualangan, jalan berbahaya ini menjadi taman bermain bagi mereka. Bis-bis yang penuh sesak dan truk-truk lokal sering kali bermanuver dengan kecepatan tinggi di rute yang telah menewaskan 200 hingga 300 orang per tahun tersebut.

Jalan Paling Maut di Dunia

2. Zoji La Pass di India

Zoji La Pass terletak di antara Ladakh dan Kashmir, sebuah rute gunung yang terlihat seperti jalan berdebu melewati Himalaya Barat. Jalan berbahaya ini membuat komunitas Ladakh terhubung dengan dunia luar, meskipun sering terhalang oleh salju lebat selama musim dingin.

Jalan sepanjang 9 kilometer ini memiliki jalur berzigzag di ketinggaian 3.528 meter dari gunung tanpa ada penghalang di tepinya dan permukaan batu yang padat di sisi lainnya. Jelas bukan jalur untuk orang yang takut ketinggian atau pun takut akan tanah longsor.

Jalan Paling Maut di Dunia

3. Terowongan Guoliang di pegunungan Taihang, Tiongkok

Terowongan Guoliang yang terletak di Provinsi Henan, Tiongkok menjadi jalur paling menakutkan bagi pengemudi saat ini. Pada 1972, para pengemudi Tiongkok yang meretas terowongan sepanjang 1,2 kilometer di sepanjang tepi pegunungan Taihang membuktikan bahwa terowongan itu memang mematikan.

Terowongan yang dibangun menggunakan perkakas tangan ini menewaskan beberapa orang selama konstruksi. Memiliki tinggi 5 meter dengan lebar 4 meter, terowongan ini terdapat bagian dengan tepi terbuka di atas tebing berbatu. Dengan kondisi yang ekstrem, terowongan ini dijuluki jalan yang tidak mentolerir kesalahan.

Jalan Paling Maut di Dunia

4. Los Caracoles Pass di Chili

Los Caracoles Pass adalah jalur yang berupa kurva curam dan memusingkan. Jalan ini berkelok-kelok melewati Andes di tengah-tengah Uspallata, Argentina dan di Los Andes, Chili. Sebuah daerah terpencil yang tingginya sekitar 3.176 meter.

Selain memusingkan, Los Caracoles Pass semakin menakutkan dengan banyaknya truk-truk artikulasi yang melewati jalur tanpa pembatas ini. Namun, jalan ini sering digunakan oleh pelatih wisata saat tidak terhalang salju selama musim dingin.

Jalan Paling Maut di Dunia

5. Jalan Raya Karakoram di Pakistan

Jalan raya ini menghubungkan Pakistan dan Tiongkok di Khunjerab Pass dengan ketinggian 4.693 meter. Jalan di Pakistan tidak beraspal dan yang lebih buruk adalah, jalan raya ini rentan terhadap banjir dan tanah longsor. Meskipun berbahaya, jalan raya ini tetap menjadi objek wisata karena melewati beberapa ngarai yang mempesona di sepanjang Jalan Sutra Tua.

Pemerintah yang membangun jalur ini menamakannya Jalan Raya Persahabatan, terlepas dari kematian 82 pekerja Tiongkok dan 810 pekerja Pakistan selama pembangunannya, yang sebagian besar disebabkan oleh tanah longsor. (fay)



Apa Pendapatmu?