Barcelona dan Messi di Persimpangan Jalan

indopos.co.id – Dampak internal kekalahan memalukan 2-8 Barcelona dari Bayern Munich di perempat final Liga Champions beberapa waktu lalu melebar  ke mana-mana. Untuk sementara, posisi Presiden Jose Bartomeu tetap kuat. Usai ‘’membajak’’ Ronald Koeman dari tim nasional Belanda, kini Koeman mulai menunjukkan kuasanya.

Langkah pertama memang sudah dilakukan. Ia berbicara langsung dengan maskot tim, Lionel Messi. Itu peristiwa penting. Messi rela memangkas liburnya hanya untuk bertemu pelatih baru. Koeman terang-terangan mengatakan, ia membutuhkan Messsi di Camp Nou. Tetapi siapa pun tahu, Messi sudah muak dengan Bartomeu.

Baca Juga :

Koeman Bisanya Hanya Cuci Otak, Bukan Cuci Gudang

Usai berbicara dengan Lionel Messi, Koeman,  pelan tapi pasti mulai melakukan cuci gudang. Soliditas Geng Messi dibongkar. Anggota Geng Messi yang terdiri dari Gerard Pique, Sergio Busquets, Jordi Alba, Luis Suarez, Arturo Vidal dipecah-pecah. Luis Suarez dan Vidal dipastikan out.

Koeman sudah telepon mereka dan mengatakan, keduanya tidak masuk dalam rencananya pada musim depan. Jordi Alba masih diberi kesempatan. Sementara nasib Pique dan Busquets masih belum jelas. Manajemen masih berembuk apa yang harus dilakukan terhadap dua pemain senior yang sangat berjasa buat Barcelona itu.

Baca Juga :

Barcelona Tetap seperti Api dalam Sekam

Masuknya Ronald Koeman ke Barcelona sebetulnya bukanlah solusi. Benar bahwa Barcelona membutuhkan pelatih baru untuk memulai musim pramusim singkat kali ini. Namun, Geng Messi ini menginginkan presiden baru secepatnya meskipun agenda pergantian presiden secara perseroan sudah di depan mata, pertengahan 2021. Geng Messi mengganggap  Ronald Koeman sebagai perpanjangan tangan Presiden Jose Maria Bartomeu.

Itu artinya, solusi yang ditawarkan manajemen Barca lewat Koeman dengan membongkar Geng Messi tidak menjami persoalan Barcelona akan selesai.

Baca Juga :

Klub Eksklusif Ronaldo-Messi

Hanya ada dua solusi praktis unuk menyelesaikan persoalan internal di klub Catalan ini.  Pertama, Jose Maria Bartomeu yang mundur sebelum masa tugasnya selesai. Mundur sebetulnya sih perkara sepele.

Yang berat dan praktis sulit untuk dilakukan adalah laporan keuangan sebagai bentuk pertanggung jawaban manajemen. Ini berarti Bartomeu dan jajaran elitnya harus mengeluarkan uang dari kantong pribadi untuk menyeimbangkan laporan keuangan klub karena mundur sebelum waktunya.

Kedua, Bartomeu harus duduk bersama Messi. Barcelona harus mau menegosiasikan klausul rilis Messi yang superjumbo 630 juta poundsterling atau 700 juta euro. Artinya, melepas Messi dan gengnya ke klub lain. Sekalipun sudah memasuki usia senior, hingga sekarang Messi masih tetap kompetitif seperti juga ‘’rivalnya’’ di Juventus Cristiano Ronaldo.

Manajemen Barcelona agak gelisah meski mereka yakin Messi akan bertahan. Namun, kepergian Luis Suarez bisa memperumit masalah. Apa yang dulunya hanya ketakutan akan kepergian sekarang menjadi perhatian yang sangat nyata bagi Barcelona karena kehilangan simbol klub modern.

Barcelona tahu kepergian Suarez akan berdampak pada Messi, tetapi mereka tidak yakin seberapa besar Suarez adalah salah satu teman terdekat Messi di dalam dan di luar lapangan, meskipun lulusan La Masia adalah seorang profesional dan tahu begitulah cara kerja sepak bola. Untuk pertama kalinya perubahan pemandangan direncanakan, dan keluarnya Luis Suarez sepertinya bukan strategi terbaik untuk mencoba dan menggoda Messi untuk bertahan.

Manchester City dilaporkan sedang mencari tahu apakah mungkin untuk menandatangani kapten Barcelona Lionel Messi musim panas ini.

Dan City, yang dikelola oleh mantan bos Messi Pep Guardiola, sedang menjajaki apakah kesepakatan akan dimungkinkan sehubungan dengan aturan Financial Fair Play (FFP), menurut ESPN, jika Barca bersedia menegosiasikan biaya yang lebih rendah 700 juta euro itu.

Laporan tersebut mengatakan, beberapa anggota dewan Barcelona sudah sepakat akan menjual superbintang mereka yang berusia 33 tahun jika Messi ingin pindah musim panas ini. (*)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.