Alexa Metrics

Gunung K2 di Karokam Pakistan, Puncak Tersulit di Dunia

Gunung K2 di Karokam Pakistan, Puncak Tersulit di Dunia

indopos.co.id – Banyak orang yang tahu bahwa puncak gunung tertinggi di bumi adalah Gunung Everest. Namun, bagaimana dengan puncak-puncak gunung tertinggi lainnya? Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa puncak gunung tertinggi kedua setelah Everest adalah Gunung K2, yang berada di Karakoram. Berikut daftar gunung-gunung tertinggi di dunia.

Gunung Everest

Seperti yang telah banyak orang ketahui, puncak Gunung Everest adalah yang tertinggi di dunia. Puncaknya berada di ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Everest berada di perbatasan Nepal dan wilayah otonom Tibet.

Gunung K2 di Karokam Pakistan, Puncak Tersulit di Dunia

Gunung K2

Puncak Gunung K2 berada di ketinggian 8.611 meter di atas permukaan laut dan merupakan puncak gunung tertinggi kedua setelah Everest. Gunung K2 juga merupakan satu-satunya dari daftar puncak tertinggi yang berada di luar pegunungan Himalaya. Gunung ini terletak di Karokoram, Pakistan dan berbatasan dengan Tiongkok.

Gunung K2 memiliki julukan ‘Gunung Savage’ karena kondisinya yang ekstrem. Gunung ini dikenal sebagai gunung tersulit untuk didaki, bahkan lebih sulit dari Gunung Everest. Di antara seluruh puncak gunung dengan ketinggian di atas 8.000 meter, Gunung K2 memiliki tingkat fatalitas tertinggi kedua dengan total sekitar 300 pendakian sukses dan 77 kematian.

Gunung K2 di Karokam Pakistan, Puncak Tersulit di Dunia

Gunung Kangchenjunga

Gunung Kangchenjunga terletak di perbatasan antara Nepal dengan Sikkim di India, dengan tiga puncaknya berada di perbatasan dan dua puncak lainnya di Distrik Taplejung di Nepal. Sebelum 1852, Gunung ini di anggap sebagai gunung tertinggi di dunia. Itu bukan karena tidak ada yang tahu tentang Gunung Everest yang juga tinggi, tetapi karena salah perhitungan.

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh Great Trigonometrical Survey of India, ditemukan bahwa sebenarnya Gunung Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ketiga di dunia. Puncak gunung ini berada di ketinggian 8.586 meter.

Gunung K2 di Karokam Pakistan, Puncak Tersulit di Dunia

Gunung Lhotse

Lhotse adalah salah satu gunung paling terkenal karena lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Everest. Lhotse seringkali dianggap sebagai saudara Everest yang terabaikan, karena meskipun dianggap lebih menarik secara visual, jalur pendakian Lhotse tidak sesibuk Everest.

Lhotse dan Everest memiliki Kamp Pangkalan yang sama. Setelah melalui Camp 3, barulah pendaki menuju Reiss couloirs dari Lhotse Face sampai ke puncak Lhotse. Gunung ini memiliki tinggi 8.516 meter dan berada di perbatasan Nepal dan Tiongkok.

Gunung K2 di Karokam Pakistan, Puncak Tersulit di Dunia

Gunung Makalu

Dengan ketinggian 8.485 meter di atas permukaan laut, Makalu secara resmi menjadi gunung tertinggi kelima di dunia. Gunung yang berada di perbatasan antara Nepal dan Tiongkok ini terkenal karena puncak ikoniknya yang berbentuk piramida empat sisi. Gunung Makalu juga termasuk jajaran pegunungan Himalaya, tepatnya 19 km tenggara Everest.

Karena posisi gunung yang terisolir dan banyak bukit dengan ujung tajam dan curam, Makalu dianggap sebagai salah satu jalur pendakian tersulit di dunia. Gunung ini pertama kali didaki pada 1955 oleh Lionel Terray dan Jean Couzy, yang merupakan bagian dari ekspedisi Prancis. (fay)



Apa Pendapatmu?