Alexa Metrics

Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Popularitas Brand di Dunia Digital Menjadi Semakin Penting

Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Popularitas Brand di Dunia Digital Menjadi Semakin Penting Chief Executive Officer (CEO) TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, Tri Raharjo memberikan keterangan pers via zoom terkait acara Indonesia Digital Popular Brand 2020, Kamis (27/8/2020).

indopos.co.id  – Pandemi COVID-19 telah mempercepat perubahan kebiasaan masyarakat menjadi sebuah gelombang adaptasi kebiasaan baru ke dunia digital. Perubahan perilaku konsumen yang sangat cepat dan masif itu direspon oleh pelaku brand untuk beradaptasi dengan teknologi digital dan kebiasaan baru para konsumen.

Media INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, sebagai entitas yang kredibel dalam penelitian brand di tanah air serta IMFocus Digimarketing Consultant selaku Certified Google Partner, kembali menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020.

Itu adalah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19, penghargaan yang mengusung tema “Branding in the New Normal” ini diselenggarakan melalui konferensi video dengan konsep e-awarding ceremony.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, Tri Raharjo mengatakan, apresiasi Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 diberikan kepada brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun top of digital awereness. Kemudian top of digital search dan  top of digital traffic.

Serta meningkatkan engagement brand melalui media digital atau internet sehingga unggul dan populer dibanding brand lainnya.

Menurut Tri Rahajo, para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 adalah brand-brand yang telah beradaptasi dengan baik terhadap era disruptif teknologi saat ini.

Pelaku brand tidak hanya semakin kreatif dalam berfikir dan bertindak, namun juga konsisten dari upaya memaintain digital brand secara berkesinambungan dalam membangun dan membesarkan mereknya.

“Dengan kata lain, setiap brand perlu terus bergerak cepat dan lincah mengikuti arah perubahan lingkungan bisnis dalam menyongsong era revolusi industri generasi keempat ini,” jelas Tri Raharjo, dalam keterangannya, Kamis (27/8/2020).

Karena kata dia, kemajuan sebuah brand sangat ditentukan oleh bagaimana cara kita untuk mampu adaptif terhadap perkembangan zaman. “Kemudian menghadirkan brand ke hadapan pelanggan potensial melalui cara yang mudah dan simpel,” jelas Tri Raharjo.

Untuk menentukan para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, telah dilakukan Survei Indonesia Digital Popular Brand Index 2020 pada bulan Maret 2019 sampai Mei 2020. Yakni kepada 135 kategori produk dan lebih dari 1.000 brand tersurvei di Indonesia melalui tiga parameter penilaian yakni Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based.

Dari hasil survei yang dilakukan TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus, dari data 135 kategori tersurvey menemukan 10 kategori teratas dalam daftar Ulasan Halaman Mesin Pencari Terbanyak dan Rata-Rata Pencarian Terbanyak.

Untuk daftar 10 kategori dengan ulasan halaman mesin pencari, kategori Simcard Prabayar mendominasi dengan persentase mencapai 21,72 persen. Disusul kategori Mobil 18,22 persen, Jam Tangan 13,81 persen, Motor 10,71 persen, Resto Fried Chiken 6,76 persen, Soft Drink 6,15 persen, Listing Properti Online 6,11 persen, Toko Gadget 6,04 persen, Penerbit Buku Pendidikan 5,45 persen, dan Mall Jakarta 5,01 persen.

Sementara 10 kategori dengan rata-rata pencarian terbanyak berdasarkan survei, kategori Online Employement Services mendominasi dengan persentase 20,14 persen.

Disusul kategori Simcard Prabayar 16,01 persen, Vitamin Sistem Imunitas Anak 11,25 persen, Supermarket Perabot Rumah Tangga 10,85 persen, Resto Fried Chicken 8,52 persen, Toko Gadget 8,08 persen, Resto Burger 7,66 persen, Kredit Barang Elektronik 6,59 persen, Toko Hardware 6,46 persen, dan Mall Jakarta 4,44 persen.

Adapun brand-brand yang berhasil menjadi juara digital dan meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 yaitu Eterna (Kabel Listrik), INOAC (Kasur Busa), Buzawit – Bigfoam (Kasur Busa), Napolly (Furniture Knock Down), GT Radial (Ban Mobil), IRC (Ban Motor), Solid (Handle Pintu), Blackmores (Suplemen Makanan), Morinaga (Susu Formula), KFC (Resto Fried Chicken) dan brand lainnya.

“Akhirnya, kami ucapkan selamat kepada seluruh peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020. Semoga apresiasi ini dapat meningkatkan semangat kompetisi bagi pelaku brand digital di tanah air,” pungkasnya.(mdo)



Apa Pendapatmu?