Alexa Metrics

Pemda Diminta Percepat Realisasi Penyerapan Belanja Daerah

Pemda Diminta Percepat Realisasi Penyerapan Belanja Daerah Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian pada Rapat Koordinasi melalui konferensi video dalam rangka Meningkatkan Efektivitas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Selain itu dibahas juga terkait realisasi APBD Tahun Anggaran 2020 dan Pilkada Serentak 2020 yang dilaksanakan secara maupun virtual zoom, Gedung B Lt. 2 Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2020).

indopos.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menegaskan, agar daerah jangan ragu-ragu mempercepat realisasi penyerapan belanja daerah.

Selain itu, Tito juga mengapresiasi 107 provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia yang persentase realisasi belanja atau APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)-nya telah mencapai diatas rata-rata nasional (48,86 persen).

“Kami juga imbau Pemerintah Daerah yang persentase realisasi belanja masih di bawah 30 persen untuk segera merealisasikan anggarannya,” jelasnya, pada Rapat Koordinasi melalui konferensi video dalam rangka Meningkatkan Efektivitas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Selain itu dibahas juga terkait realisasi APBD Tahun Anggaran 2020 dan Pilkada Serentak 2020 yang dilaksanakan secara maupun virtual zoom, Gedung B Lt. 2 Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2020).

Tercatat ada 41 provinsi atau kabupaten/kota yang realisasi belanjanya masih rendah.

Menurut Tito, permasalahan rendahnya realisasi pendapatan dan belanja daerah disebabkan oleh beberapa faktor. Karena itu pihaknya, membuat beberapa strategi untuk membantu daerah agar dapat melakukan percepatan penyerapan pendapatan. “Serta strategi percepatan penyerapan belanja daerah,” pungkasnya.(dai)



Apa Pendapatmu?