Alexa Metrics

Tawar Messi, City Sodorkan 89 Juta Pounds Plus Tiga Pemainnya

Tawar Messi, City Sodorkan 89 Juta Pounds Plus Tiga Pemainnya

indopos.co.id – Seperti sudah diduga, Manchester City tidak butuh-butuh amat dengan Lionel Messi. Bahwa Messi memang ingin bergabung City itu betul. Bahwa Messi menelepon Pep dan menceritakan masalahnya itu juga betul. Tetapi City juga harus berhitung dengan cermat agar proses transfer itu tidak sampai melanggar financial fair play.

Berdasarkan perhitungan itulah, maka City siap mengajukan proposal ke Barcelona. Menurut Sportsmail, City menyiapkan uang tunai 89,5 juta poundsterling plus Bernardo Silva, Gabriel Jesus, dan Eric Garcia untuk ditukar dengan Lionel Messi.

City optimistis mencapai kesepakatan dengan raksasa Catalan itu setelah Messi mengumumkan keinginannya untuk meninggalkan klub musim panas ini. Jika Messi menyetujui persyaratan dengan City, dia akan kembali bekerja sama dengan Pep Guardiola menyusul karir yang luar biasa di Nou Camp dengan mencetak 634 gol dan menciptakan 285 assist dalam 731 penampilan untuk raksasa Spanyol itu.

Sportsmail memahami bahwa keduanya telah melakukan kontak melalui telepon tentang pindah ke Etihad, bahkan membahas bagaimana Messi dapat menetap di Inggris dan belajar bahasa setelah hampir 20 tahun di Spanyol.

Ide City merekrut Messi seperti membuka mimpi lama, tetapi kini 89,5 juta pounds dengan tambahan Silva, Jesus, dan Garcia bisa membuat mimpi lama itu menjadi kenyataan.

Menurut Sport, kontak sudah dilakukan dengan Barca untuk membawa Jesus ke Nou Camp. Jesus telah menjadi target utama tim Catalan karena mereka ingin menggantikan Luis Suarez, tetapi label harga City sebesar 20,5 poundsterling membuat Barca mengurungkan niatnya.

Guardiola juga ingin melepas Garcia dengan kontraknya yang akan berakhir musim panas mendatang. Dengan dua target transfer Barca ditambahkan ke kesepakatan, peluang City untuk mendapatkan Messi sangat besar.

Hingga saat itu belum tahu apakah Barca juga tertarik dengan tawaran City. Namun, desas-desus internal dalam beberapa hari terakhir menyebutkan, Barca ingin mendapatkan uang 200 juta poundsterling kalaupun terpaksa melepas Messi. Setidaknya, nilai uang itu akan mengurangi defisit klub yang berada di kisaran 300 juta euro pada musim ini.

Dari Paris, Neymar dilaporkan telah meminta klubnya Paris Saint-Germain untuk menandatangani Lionel Messi. Permintaan itu langsung ditindaklanjuti direktur olahraga Leonardo. Leonardo bahkan sudah kontak dengan perwakilan Messi. Messi dan Neymar, yang bermain bersama di Camp Nou dari 2013-2017, juga dilaporkan telah berbicara awal pekan ini, saat pemain Brasil itu ingin membujuk klubnya untuk merekrut Messi, dengan Manchester City juga tertarik pada pemain berusia 33 tahun itu.

Namun, menurut Sky Sports, juara Ligue 1 – yang kalah di final Liga Champions dari Bayern Munich pada hari Minggu – belum membuat penawaran resmi untuk Messi, meski Leonardo menelepon perwakilan pemain untuk menanyakan secara spesifik situasi kontrak Messi di Barcelona.

Laporan di outlet Spanyol AS mengatakan bahwa Leonardo ingin mengetahui klausul apa yang mengikat Messi ke Barcelona masih – di tengah ketidakpastian seputar kesepakatannya saat ini – dan juga berapa gaji dan lamanya kontrak yang dicari Messi.

Selain itu, Leonardo dikabarkan menelepon lagi untuk memberi tahu perwakilan Messi bahwa ada sejumlah elemen yang harus dipertimbangkan PSG sebelum mengajukan penawaran, terutama terkait kesesuaian dengan regulasi Financial Fair Play (FFP).

Mematuhi peraturan FFP juga akan menjadi perhatian City, dengan kedua klub mengalami masalah dengan peraturan UEFA di masa lalu.

Messi saat ini menerima gaji sebesar 95 juta poundsterling per tahun (106 juta euro), dengan gaji tetap sebesar 64 juta pounds ( atau 71 juta euro).  Hanya dengan memainkan 60 persen permainan hingga 2021 ketika kontraknya berakhir membuat Messi mendapatkan rata-rata £ 95 juta (€ 106 juta) per musim. Messi bisa mendapatkan gaji sampai 110 juta pounds (122 juta euro) bila berhasil meraih treble dan menjadi pemain terbaik FIFA.

Neymar dan Messi bermain bersama di Barcelona selama empat tahun dan memenangkan treble terkenal pada tahun 2015, membentuk kemitraan yang mematikan dengan Luis Suarez di bawah manajer Luis Enrique.

Namun pemain Brasil, 28 tahun, pindah ke PSG tiga tahun lalu dengan rekor dunia transfer 200 juta pounds, dan telah memenangkan tiga mahkota Ligue 1 sejak pindah ke Paris.

Tetapi penghargaan terbesar Eropa – di PSG – masih menyinggung dia dan prospek membentuk kemitraan bersama Messi dan Kylian Mbappe telah membujuk Neymar untuk meminta klubnya untuk merekrut penyerang Argentina itu.

Sementara itu, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu akan minggir jika Lionel Messi setuju berkomitmen masa depannya dengan klub, menurut laporan di Spanyol.

Namun, sebuah laporan terpisah mengungkapkan bahwa pria 57 tahun yang sedang dalam masa hukuman itu sudah mencoba memanggil Messi untuk melakukan pembicaraan damai, namun Messi menolak mentah-mentah rencana pertemuan itu. (*)



Apa Pendapatmu?