Alexa Metrics

Chilibeli Perkuat Komitmen Bantu Mitra Chilibeli dan UMKM

Chilibeli Perkuat Komitmen Bantu Mitra Chilibeli dan UMKM Chilimart

indopos.co.id – Chilibeli, aplikasi perniagaan sosial dengan fokus utama pemberdayaan Ibu Rumah Tangga (IRT) dengan cakupan di Jabodetabek, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Bandung, didirikan pada bulan Juli 2019, serta beroperasi berdampingan bersama Chilimart, diposisikan sebagai solusi terpadu sebagai jawaban terhadap tantangan logistik yang pada dasarnya mendorong Chilibeli sebagai aplikasi utama, sehingga memberikan nilai tambah dan harga yang lebih kompetitif bagi pengusaha UMKM yang terdiri dari tukang sayur, warteg, rumah makan sederhana, usaha katering, dan toko kelontong swadaya.

Chilimart diciptakan sebagai pendukung utama Chilibeli, dirancang sebagai unit usaha yang memegang peran sebagai sumber distribusi grosir. Hasilnya adalah susunan dan rangkaian harga produk yang lebih bersaing bagi Mitra Chilibeli dan Chilimart. Hal ini juga memudahkan UMKM dengan segala fasilitas efisiensi dan efektivitas yang ditawarkan oleh Chilimart.

Sebelum pandemi, pengusaha UMKM sebetulnya telah menghadapi tantangan logistik harian. Yang terutama adalah durasi kerja. Pengusaha UMKM memulai hari sangat dini karena jarak jauh antara rumah dengan pasar tradisional. Hal tersebut guna mendapatkan harga terbaik, yang berujung pada margin mereka.

Tetapi, perjalanan bahan pangan pokok segar dan bahan baku tersebut sudah berpindah banyak tangan, sehingga harga pun tidak dapat ditekan lagi, sehingga pengorbanan tersebut pun agak sia-sia. Pengorbanan waktu demi pekerjaan ini merupakan salah satu faktor utama pengusaha UMKM tidak memiliki tenaga dan waktu cukup untuk berbagi bersama keluarga, anak-anak, bahkan sahabat.

Chilimart merupakan solusi digital bernilai dirancang khusus bagi UMKM, seperti tukang sayur, pengusaha warteg, rumah makan sederhana, dan toko kelontong swadaya, yang mengandalkan metode konvensional tersebut untuk bertahan hidup dan kelangsungan kesejahteraan.

Pada umumnya, Mitra Chilimart memesan produk, baik itu berupa bahan pangan pokok terus menerut dalam jumlah tinggi, sehingga mereka dapat menikmati margin sebagai sumber penghasilan sebagai bahan bakar untuk terus melanjutkan usaha. Sekarang, dengan Chilimart, pengusaha UMKM dapat menikmati keseimbangan hidup.

Beberapa kelebihan yang disediakan oleh Chilimart diantaranya adalah: pengiriman H+1 sehingga pemilik usaha tidak perlu tutup toko hanya untuk belanja, produk hadir dari tangan pertama sehingga harga tersebut adalah harga termurah di pasar, produk segar berkualitas dengan standar tinggi, kategori produk yang luas (sayur mayur, buah buahan, telur, daging, produk hidangan laut, minuman FMCG, dan produk FMCG non-konsumsi), serta banyaknya jajaran promo harian dan voucher yang tersedia setiap hari. Begitu banyak cara bagi Mitra untuk berhemat dan berbelanja.

Novel Leonardo, Commercial Manager, Chilimart, memaparkan, “Kehadiran Chilimart di dalam ekosistem Chilibeli merupakan manifestasi rencana jangka panjang dari Chilibeli sebagai aplikasi perniagaan sosial cerdas bagi masyarakat Indonesia. Didukung oleh para pakar dalam manajemen Chilimart, Para Mitra akhirnya dapat menikmati waktu lebih untuk meningkatkan kualitas hidup atau naik kelas ekonomi dengan membuka usaha baru”.

Dari sisi bisnis, Chilimart berperan untuk mendorong model rantai pasok terpadu Chilibeli, Untuk membantu Mitra mendapatkan produk pesanan langsung dari petani atau produsen lokal, Chilimart dapat mendorong volume pesanan sesuai dengan segmen atau kategori produk pemesan (Mitra), sehingga Chilibeli dapat menjalankan praktek pasokan efisien langsung dari para petani dan pemasok lokal yang berujung pada penawaran harga lebih kompetitif dan kualitas produk yang lebih baik.

“Kami mengundang tukang sayur, pemilik warung, pengusaha grosiran, rumah makan, hingga pengusaha horeka di Jabodetabek, Surabaya, dan Bandung, untuk melihat kesempatan ini sebagai sebuah solusi digital bernilai lebih dalam memaksimalkan pemasukan bisnis,” tambah Novel.

Chilimart menjanjikan komisi berupa voucher belanja bulanan sekitar 1-3 persen tergantung pencapaian angka total belanja Mitra. Cara bergabung pun mudah: pengguna klik Playstore, ketik Chilimart, unduh aplikasi, masukkan nomor telepon dan buat password, kemudian cocokkan kode OTP. Setelah itu, masukkan juga informasi detail kontak dasar dan informasi tempat usaha seperti foto dan lokasi sesuai GPS. Pesanan akan dikirim dari gudang Chilibeli H+1.

“Kami berharap semakin banyak pengusaha UMKM dan Mitra Chilibeli yang merasa terbantu dengan hadirnya Chilimart, solusi digital bermakna persembahan khusus dari Chilibeli,” tutup Novel. (sro)



Apa Pendapatmu?