Alexa Metrics

Mengintip Kreativitas Industri Kecantikan di Tengah Pandemi

Mengintip Kreativitas Industri Kecantikan di Tengah Pandemi Karyawan salon kecantikan menggunakan alat pengamanan lengkap untuk mengantisipasi pandemi di lingkungan kerja. (Foto: Achmad Sukarno/INDOPOS)

indopos.co.id – Beberapa orang mungkin merasa perlu melakukan perawatan rambut ke salon. Namun, pandemi COVID-19 membuat orang ragu  keluar rumah. Penata Rambut Anda Arrusa berbagi tips aman untuk memanjakan diri. Seperti apa?

Pergerakan masyarakat di ibu kota tak seperti biasa. Semua masyarakat wajib menggunakan masker saat keluar rumah. Aktivitas pun tak seramai biasanya, sebab protokol COVID-19 weajib dilakukan.

Bagi kebanyakan orang, kondisi tersebut memang sudah biasa, apalagi penggunaan masker dan jaga jarak sudah menjadi kebiasaan di enam bulan terakhir.

Akan tetapi, bagi mereka yang ingin memanjakan diri seperti perawatan rambut ke salon tentunya harus menerapkan hal yang sama.

Hanya saja, situasi di salon tak jauh berbeda dengan gedung biokop. Berada dalam satu ruangan dan jaraknya pun berdempetan.

”kondisi perawatan kecantikan memang sangat rentan,” ujar Penata Rambut Profesional Anda Arrusa saat acara online ‘Bincang Shopee 9.9 Beauty Day: Kreativitas Industri Kecantikan di Tengah Pandemi’, belum lama ini.

Anda Arrusa mengemukakan, dalam situasi pandemi, konsumen harus benar-benar memperhatikan kebersihan salon yang akan didatangi. Meski sudah menjadi langanan, namun protokol COVID-19 tetap menjadi acuan.

“Kita perlu tahu bahwa alatnya steril, sudah dibersihkan dengan disinfektan,” kata Anda.

Selain memilih salon yang steril, pastikan juga kondisi tubuh dalam keadaan sehat ketika ingin keluar rumah, serta menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan membawa cairan pembersih tangan sendiri.

”Melakukan perawatan seperti potong rambut, creambath dan mewarnai rambut boleh saja dilakukan selama memenuhi protokol kesehatan,” kata dia.

Dia menyarankan, untuk sementara tidak melakukan perawatan yang berhubungan langsung dengan wajah, seperti perawatan alis dan perawatan wajah atau facial. Pasalnya, ketika facial, mau tidak mau tangan ahli kecantikan akan bersentuhan langsung dengan wajah pelanggan.

Jika sudah mengenal dengan baik ahli kecantikan yang sudah menjadi langganan dan situasi mengizinkan, undang dia ke rumah untuk melakukan perawatan rambut secara pribadi, tentu dengan protokol kesehatan.

”Keuntungan melakukan perawatan di rumah, alat yang digunakan lebih terjamin karena bisa menggunakan milik sendiri. Sebelum mengundang ahli kecantikan ke rumah, pelanggan harus memastikan dia memiliki alat-alat yang dibutuhkan,” kata dia.

Memanjakan diri di tengah pandemi COVID-19 merupakan hal yang penting. Selain mengurangi tingkat depresi, memanjakan diri bisa menambah semangat untuk bekerja. ”Jangan paksa pikiran kita untuk diam, pikiran juga butuh refresing,” tambah dia. (*)



Apa Pendapatmu?