Alexa Metrics

Air Terjun Menakjubkan di Dunia

Air Terjun Menakjubkan di Dunia AIR TERJUN IGUAZU, Amerika Selatan.

Indopos.co.id – Terkenal akan keindahannya, air terjun seringkali menjadi tujuan wisata populer. Meski harus menempuh jalur yang terjal, hal itu tidak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung ke air terjun. Berikut daftar beberapa air terjun menakjubkan yang ada di dunia.

AIR TERJUN IGUAZU, Amerika Selatan

Air terjun Iguazu terletak di perbatasan Argentina dan Brasil. Air terjun ini merupakan rangkaian air terjun di Sungai Iguazu. Sungai ini terbagi menjadi Iguazu atas dan Iguazu bawah, yang bersumber di dekat jantung kota Curitiba. Di jalur peremuannya dengan Sungai San Antonio, Sungai ini membentuk perbatasan antara Argentina dan Brasil.

Air terjun Iguazu berbentuk menyerupai tapal kuda yang memanjang sejauh 1,7 mil dan memiliki ukuran tiga kali lebih lebar dari pada Air Terjun Niagara di Amerika Utara dan secara signifikan leih besar dan lebih lebar dari Air Terjun Victoria di Afrika.

Air Terjun Menakjubkan di Dunia

AIR TERJUN VICTORIA, Afrika Selatan
Air terjun Victoria terletak di Sungai Zambezi di perbatasan Zambia dan Zimbabwe. Dikenal sebagai air terjun tunggal terbesar di dunia, Victoria memiliki total lebar 1,7 km dan tinggi mencapai 108 meter. Aliran rata-rata Air terjun ini mencapai 1 juta liter per detik.

Air terjun Victoria telah menjadi habitat bagi beberapa spesies tanaman dan hewan langka. Air terjun ini juga dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1989.

Air Terjun Menakjubkan di Dunia

AIR TERJUN NIAGARA, Amerika Utara

Niagara mungkin merupakan air terjun paling terkenal di Amerika Utara, bahkan seluruh dunia. Air terjun ini terletak di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. Niagara terdiri dari tiga air terjun, dan yang terbesar adalah Horeseshoe, atau lebih dikenal dengan Air Terjun Canadian. Air terjun ini berada tepat di perbatasan dua negara. Air Terjun American dan Air Terjun Bridal Veil yang memiliki ukuran lebih kecil berada di wilayah Amerika Serikat.

Air Terjun Menakjubkan di Dunia

AIR TERJUN ANGEL, Venezuela

Angel Falls adalah air terjun tanpa gangguan tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter dan lebar 150 meter di bagian dasarnya. Terletak di Taman Nasional Cainama, air terjun ini jatuh dari tepi gunung Aunyantepui dengan bagian atas yang datar.

Dengan lingkungannya yang dikelilingi hutan lebat, Angel Falls terlihat paling bagus dari udara. Air terjun ini dinamakan sesuai dengan penemunya, James Angel, seorang petualang Amerika yang mendaratkan pesawatnya di mesa terdekat pada 1937. Pada akhir 2009, Presiden Venezuela, Hugo Chavez menyatakan bahwa air terjun tersebut harus disebut sesuai dengan nama aslinya, Kerepakupai Merú.

Air Terjun Menakjubkan di Dunia

AIR TERJUN YOSEMITE, California, AS

Yosemite adalah air terjun tertinggi yang pernah diukur di Amerika Utara dan terletak di Taman Nasional Yosemite di California. Dengan total tinggi mencapai 739 meter dari puncak jatuhnya hingga ke dasar yang lebih rendah, membuat Yosemite Falls dianggap sebagai air terjun tertinggi ke-7 di dunia. (fay)



Apa Pendapatmu?