Alexa Metrics

Kemristek Buka Agro Puspiptek, Bambang Brodjonegoro: Bisa Tumbuhkan Minat Riset Sejak Dini

Kemristek Buka Agro Puspiptek, Bambang Brodjonegoro: Bisa Tumbuhkan Minat Riset Sejak Dini Foto istimewa

indopos.co.id – Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, jumlah peneliti masih terbatas. Oleh karena itu perlu menanamkan minat riset sejak dini. Yakni mengenalkan edutainment untuk menjadi peneliti kepada anak-anak.

“Caranya bagaimana mengajarkan riset ke anak-anak? Ini harus terus dilakukan. Yang penting untuk jadi peneliti itu minat dan niat,” ujar Bambang Brodjonegoro saat membuka Agro Puspiptek di Tangerang Selatan, Minggu (30/8/2020).

Bambang mengapresiasi pembukaan Agro Puspiptek. Karena, melalui Agro Puspiptek bisa diperkenalkan riset tentang peternakan hingga perikanan kepada pengunjung, khususnya anak-anak. “Harus di dalami riset tersebut. Edutainment di Puspiptek ini bisa jadi contoh,” katanya.

Ia meminta agar Agro Puspiptek terus dikembangkan, khususnya upgrade terkait bidang riset. Ia mencontohkan riset tentang komposisi makanan sapi. “Harus ada upgrade riset di Agro ini, jangan upstain. Ini agar anak-anak bersemangat untuk jadi peneliti. Kalau jumlah peneliti kita bertambah tentu akan berkontribusi pada perekonomian,” ungkapnya.

Bambang menuturkan, menjadi objek wisata berbasis riset, Agro Puspiptek harus memperhatikan unsur keamanan (safety). Karena, tidak sedikit tempat wisata tidak memperhatikan unsur keselamatan.

Sementara itu, Plt Kepala Puspiptek Sri Setiawati menambahkan, perluasan Agro Puspiptek bertujuan untuk edukasi. Setiap tahun jumlah pengunjung Puspiptek mencapai 20-25 ribu orang. Jumlah tersebut tentu tidak seluruhnya bisa masuk ke area vital Puspiptek.

“Puspiptek ini area vital. Jadi agar para pengunjung bisa masuk ke Puspiptek, maka kami lakukan revitalisasi aset yang ada. Agro Puspiptek ini luasannya mencapai 5 Hektar,” ujarnya.

Agar pengunjung tertarik, khususnya anak-anak, menurut Sri Agro Puspiptek dikemas dengan wahana bermain, keanekaragaman hayati seperti flora dan fauna hingga demo laboratorium setiap Minggu.

“Anak-anak bisa bermain, berkreasi, berinovasi, dan terus berkebudayaan di bidang STEM melalui belajar dengan alam,” katanya.

Hadir pada acara peresmian Agro Puspiptek, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyambut baik kehadiran tempat wisata Agro Puspiptek. Ia berharap, Agro Puspiptek menjadi alternatif untuk belajar selain di sekolah di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Banyak sekali spot-spot yang menarik di Agro Puspiptek, seperti spot Instagram (IG). Ini tentu jadi tempat yang menyenangkan. Kami ingat juga di masa PSBB, Agro Puspiptek tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.
(mdo)



Apa Pendapatmu?