Alexa Metrics

BPJAMSOSTEK Mampang Beri Pelatihan Vokasi Zaman Now

BPJAMSOSTEK Mampang Beri Pelatihan Vokasi Zaman Now GRATIS-Peserta pelatihan vokasi yang diselenggarakan Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Mampang.FOTO:IST

indopos.co.id – Sejumlah korban PHK mengikuti sejumlah pelatihan vokasi gratis besutan Kantor Cabang BPJAMSOSTEK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) Jakarta Mampang. Menariknya, seluruh pelatihan yang diberikan merupakan tren yang lagi booming saat ini.

”Pelatihan vokasi diselenggarakan di kantor cabang BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan lembaga pelatihan baik yang dikelola pemerintah maupun swasta. Pelatihan vokasi yang diselenggarakan memberikan jenis modul pelatihan yang beragam,” ungkap Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Mampang Ali Mugni T., di Jakarta, Senin (31/8/2020). Menurut Ali, penyelenggaraan untuk pelatihan vokasi kali ini pihaknya bekerja sama dengan LPK Kompetensi Indonesia dengan membuka tiga modul pelatihan vokasi yaitu.

Ketiganya modul tersebut adalah pelatihan digital marketing, barista, dan content creator. Secara spesifik, pelatihan ini diselenggarakan selama 10 hari untuk semua jenis modul pelatihan vokasi dan dibagi menjadi 20 orang per kelas pelatihan. ”Sebagai informasi bahwa pada sampai saat ini kita akan menyelenggarakan empat kelas pelatihan, dua kelas dari digital marketing dan dua kelas dari barista,” cetus Ali.

Dikatakan, pelatihan vokasi ini juga bertujuan untuk mempersiapkan calon tenaga kerja baru di tengah kondisi pandemi Covid-19. Banyak sekali PHK yang dilakukan oleh pemberi kerja karena efek dari pandemi ini sehingga sangat besar berpengaruh pada keadaan ekonomi bangsa. ”Dengan mempertimbangkan penyelenggaraan pelatihan di masa pandemi ini, kita harapkan protokol kesehatan tetap diperhatikan oleh semua peserta serta LPK dalam menyelenggarakan program pelatihan,” ujarnya.

Ali mengatakan, mengingat besarnya manfaat pelatihan vokasi tersebut diharapkan semua peserta yang memenuhi kriteria dan terdaftar agar tekun dan semangat dalam mengikuti kelas. Materi dan praktek serta ujian pelatihan vokasi ini dari awal pelatihan sampai 10 hari ke depan. ”Seluruh peserta pelatihan tidak dikenakan biaya pelatihan, bahkan akan diberikan uang saku yang akan dibayarkan setelah proses administrasi pelatihan ini selesai dipenuhi. Selain itu, kepada seluruh peserta diberikan perlindungan dalam melaksanakan kegiatan pelatihan vokasi 10 hari ke depan dalam kepesertaan program BPU (bukan penerima upah) BPJAMSOSTEK,” ungkapnya.

Dengan demikian, apabila terjadi kecelakaan saat menjalankan pelatihan, termasuk saat berangkat dan pulang menuju tempat petihan ini, maka seluruh biaya perawatan akan dilindungi oleh BPJAMSOSTEK. ”Kami harapkan agar LPK juga dapat menyalurkan peserta yang berprestasi untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra LPK ini. Semoga sukses dan diberikan kelancaran kepada seluruh peserta, LPK Kompetensi Indonesia dan BPJAMSOSTEK,” ungkapnya.

Ali menegaskan, BPJAMSOSTEK sebagai penyelenggara jaminan sosial Ketenagakerjaan di Indonesia menyelenggarakan empat program yaitu Jaminan hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun. Keseluruhan program dimaksud bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja di Indonesia agar dapat bekerja dengan tenang dana man untuk mencapai kesejahteraan pekerja.

Selain menyelenggarakan empat program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, BPJAMSOSTEK juga mendukung salah satu fokus pemerintah Republik Indonesia periode 2019-2024 yaitu peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan vokasi dan sertifikasi terutama bagi pekerja Indonesia. Tujuan dari program peningkatan sumber daya manusia (SDM) adalah untuk meningkatkan daya saing rakyat Indonesia dalam segala bidang.(mdo/dni)



Apa Pendapatmu?