Alexa Metrics

Gugus Tugas Kota Batam Kepri Kawal 76 Tenaga Medis Positif COVID-19

Gugus Tugas Kota Batam Kepri Kawal 76 Tenaga Medis Positif COVID-19 Petugas medis dari tim gugus tugas Covid-19 memeriksa suhu tubuh sejumlah pedagang di Pasar Botania 2, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (15/5). (Foto: ANTARA /M N Kanwa/pras)

indopos.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penangan (GTPP) Covid-19 Kota Batam, Kepulauan Riau mencatat 76 orang tenaga kesehatan terpapar Virus Corona. Tenaga medis tersebut bertugas pada sejumlah fasilitas kesehatan.

Ada tambahan 29 orang tenaga kesehatan positif Covid-19 bersama 17 warga kota lain, termasuk dua orang petugas administrasi bekerja di lingkungan rumah sakit. Berdasar catatan GTPP Covid-19, tercatat 29 orang tenaga medis positif Covid-19 Batam bertugas di RSUD Embung Fatimah dan RS Elisabeth Lubuk Baja, tertular dari rekan di lingkungan tempat bertugas.

Selain itu, terdapat seorang tenaga kesehatan bertugas di Puskesmas Cate dan Puskesmas Sekupang. Seluruh tenaga usada itu masuk dalam klasifikasi asimptomatik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mengingatkan seluruh masyarakat menghindari makan beramai-ramai di tempat tertutup. ”Saya sudah mengimbau anggota puskesmas. Ini bisa dipakai sebagai imbauan untuk masyarakat banyak,” tegas Didi.

Saat makan itu pasti masker penutup hidung dan mulut pasti dibuka. ”Belajar dari kasus kedai kopi di Korea Selatan, empat orang pramusaji justru tidak ada kena, tetapi seluruh pengunjung terkena. Karena saat bekerja pramusaji tetap mengenakan masker,” ucapnya.

Sedang pengunjung membuka masker saat makan dan minum. Sesuai ranking risiko paling tinggi makan di restoran atau cafe. ”Betul, di tempat tertutup atau menghadiri acara resepsi lain di ruang tertutup,” beber Didi. (ant)



Apa Pendapatmu?