Alexa Metrics

Rencana Besar Manchester City untuk La Pulga

Rencana Besar Manchester City untuk La Pulga

indopos.co.id – Manchester City sedang menyusun rencana besar untuk mendatangkan Lionel Messi. Pemain nasional Argentina itu bertekad untuk meninggalkan Barcelona musim panas ini setelah mengajukan permintaan transfer ke klubnya Barcelona. Menurut Sport, City menawarkan kontrak lima tahun kepada Messi untuk

bergabung.  Kontrak akan dibagi menjadi dua periode. Yaitu,  tiga tahun dengan City di Liga Premier dan dua tahun dengan klub saudara New York City di MLS.  Messi akan mendapatkan 100 juta euro per musim sebelum pajak di City, dengan total nilai kontrak 750 juta euro selama lima tahun.

Sisa dari jumlah tersebut akan menjadi bonus penandatanganan 250 juta euro untuk bergabung dengan New York. Nah, jenis perjanjian kontrak ini menghindari ancaman pelanggaran peraturan Financial Fair Play (FFP). Di luar soal itu, pelatih Pep Guardiola dianggap sebagai mentor yang paling ideal untuk Messi.

Pasangan ini bekerja dengan sangat baik selama mereka bersama di Barcelona. Sebab, mereka memenangkan 14 trofi, termasuk dua Liga Champions, hanya dalam empat tahun di Camp Nou. Pada level individu, Messi juga memenangkan tiga trofi Ballon d’Or, dua Sepatu Emas Eropa, dan dua trofi Pichichi

antara 2008 dan 2012. Namun, hubungannya antara Guardiola dan Messi sebenarnya tidak selalu bagus. Ini contohnya. Pelatih Catalan memutuskan stop saat dia unggul di Barcelona. Ia   meninggalkan klub pada 2012 sebelum “ada yang terluka”.  Besar kemungkinan, ada yang terluka itu mengarah pada Messi.

Mengapa? Messi adalah satu-satunya sosok senior di skuad tim utama yang tidak menghadiri perpisahan Guardiola dengan Blaugrana. Padahal Carles Puyol, Xavi, Andres Iniesta, Victor Valdes, Cesc Fabregas, Sergio Busquets dan Pedro semuanya ada di sana. Menurut pers Messi tidak hadir karena ingin menjauhi pers.

Namun, absennya Messi ditafsirkan sebagai bukti bagaimana hubungannya dengan Guardiola telah berubah. September sebelumnya, Messi dibangkucadangkan untuk perjalanan Barcelona ke Real Sociedad setelah bermain untuk Argentina selama jeda internasional.

Guardiola mungkin telah mengistirahatkan pemain bintangnya tetapi Messi, yang selalu kompetitif, tidak berbicara dengan pelatihnya selama berhari-hari sesudahnya. Menjelang akhir musim 2011/12, Messi juga mempermasalahkan beberapa pilihan tim Guardiola, termasuk masuknya Cristian Tello dan Isaac Cuenca dalam pertandingan krusial masing-masing melawan Real Madrid dan Chelsea.

Kedatangan Zlatan Ibrahimovic pada musim panas 2010 juga menjadi penyebab munculnya friksi antara Messi dan bosnya. Ketika Guardiola meninggalkan Barcelona pada 2012, keduanya sama sekali tidak saling bicara.

“Saya tidak memiliki hubungan dengan Pep sejak dia pergi,” kata Messi pada 2015. Sekarang, jalur mereka bisa bersilangan lagi di Manchester. Tetapi Bartomeu tidak akan menggelar karpet khusus dari Barcelona hingga Manchester. (koc)



Apa Pendapatmu?