Alexa Metrics

Tim Ahli Cagar Budaya Bekasi Temukan Rollag Peninggalan Belanda

Tim Ahli Cagar Budaya Bekasi Temukan Rollag Peninggalan Belanda Tim Ahli Cagar Budaya Kota Bekasi tengah meneliti di lokasi tekuan benda pra sejarah di Stasiun Bekasi. Foto: Deny Iskandar/INDOPOS

indopos.co.id – Proses penelitian temuan benda kuno di kawasan pembangunan Double-double track (DDT) Stasiun Bekasi di Jalan Ir. H Juanda Bekasi Timur alami kemajuan. Tim peneliti menemukan struktur bangunan rollag lengkung batu merah peninggalan Belanda.

“Ditemukan struktur batu bata baru secara horisontal dan vertikal di sebelah seletan dan struktur batu bata ei sebelah utara,” kata Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Kota Bekasi, Ali Anwar, Rabu (2/9/2020).

Ali mengaku, materialnya sama. Namun, untuk jarak utara sekitar tiga meter. Temuan itu kata dia dari kedalaman tanah 30 centimeter. “Dan sudah digali sampai kedalaman 160 centimeter,” katanya.

Ali mengaku, selain rollag/ropilag lengkung, tim ekskavasi juga menemukan struktur fondasi bangunan setinggi 160 centimeter dengan lebar 55 centimeter. Letaknya di tengah-tengah antara dua rolag/ropilag lengkung.

Nantinya, kata Ali, temuan unik ini akan dibawa ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten untuk dicarai padanannya dengan hasil penelitian di daerah lain sebelumnya. Dari situ, bakal didiskusikan dengan sejumlah ahlinya.

Selanjutnya, kata Ali, karena struktur bangunan sudah nampak jelas, maka ekskavasi dihentikan pada Kamis 27 Agustus 2020. Tapi pada Jumat, 28 Agustus 2020, BPCB Banten tetap di lokasi dengan pekerjaan standar arkeologi.

“Pemotretan dari udara menggunakan dron, penggambaran, sampai pelapisan objek penelitian menggunakan plastik cor,” katanya. (dny)



Apa Pendapatmu?