Alexa Metrics

Tips Memilih dan Membeli Rumah, Kalau Sudah Cocok Jangan Ditunda Lagi

Tips Memilih dan Membeli Rumah, Kalau Sudah Cocok Jangan Ditunda Lagi Banyak pengembang perumahan yang menawarkan harga khusus selama Pandemi COVID-19.

Indopos.co.id – Sembarangan memilih, membeli rumah itu layaknya mencari jodoh. Bank Rakyat Indonesia (BRI) membagikan sejumlah trik dan tips bagi konsumen MBR dalam memilih rumah subsidi idaman.

”Terdapat beberapa trik dan tips saat pemilihan kepemilikan rumah. Karena rumah sifatnya untuk kebutuhan jangka panjang dan untuk mendapatkannya pun harus bersusah payah sehingga memerlukan sejumlah pertimbangan,” kata EVP Consumer Loan Sales and Development Division Bank BRI Handaru Sakti, pekan lalu.

Dia menyampaikan, trik pertama adalah masalah lokasi yang strategis dan lingkungan. Ini bisa dianggap lokasi strategis dan lingkungan saat ini maupun sampai waktu ke depannya.

”Ke depannya biasanya terkait dengan kebutuhan kehidupan kita seperti sarana dan prasarana, kebutuhan sosial seperti rumah sakit, sekolah dan pasar, sarana transportasi,” imbuhnya. Menurut dia, kalau ini sudah terpenuhi maka trik kedua adalah menyesuaikan dengan budget atau anggaran.

Untuk hal ini setiap MBR bisa memilih seperti melalui aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep). Pertimbangan budget ini bukan hanya mempertimbangkan kondisi dana saat ini, melainkan juga konsumen harus mempertimbangkan dana pada waktu mendatang.

Selain itu, lanjut dia, trik berikutnya dalam memilih rumah subsidi idaman adalah konsumen harus betul-betul mencari dan memastikan pengembang yang profesional. Caranya, dengan mengecek atau dapat melihat para pengembang yang kredibel dan terdaftar di situs Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

Sehingga, calon konsumen bisa memastikan pengembang memiliki pengalaman di proyek-proyek sebelumnya. Tips keempat, calon konsumen harus mempelajari legalitas proyek, dengan mengecek dan meneliti keabsahan sertifikat rumah serta izin-izin yang menyertainya.

Trik selanjutnya adalah jangan pernah menunda pembelian. Karena hunian adalah kebutuhan pokok, maka harga rumah akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Terakhir, kata dia, mencari cara pembelian rumah subsidi yang mudah dengan menggunakan aplikasi SiKasep melalui bank-bank mitra dengan pelayanan terbaik. (dew)



Apa Pendapatmu?