Alexa Metrics

Mengintip Jakarta Fashion Week 2021, Icons: A Web Series

Mengintip Jakarta Fashion Week 2021, Icons: A Web Series Artis dan desainer Ivan Gunawan memberikan arahan kepada para kontestan terpilih di ajang Jakarta Fashion Week 2021 Icons: A Web Series. Foto: Achmad Sukarno/INDOPOS)

indopos.co.id – Perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 semakin dekat. Beragam rangkaian kegiatan mulai dilakukan. Salah satunya The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons: A Web Series. Seperti apa?

Puluhan wanita cantik dengan postur tubuh menarik berlenggak-lenggok di Senayan City, Jakarta Selatan. Puluhan model itu terlihat begitu percaya diri menampilkan kemampuanya di tengah pandemi COVID-19 yang tengah menjadi perhatian dunia.

Senyum mereka pun seakan mematahkan keraguan masyarakat akan kreativitas di tengah pandemi bisa berdenyut lagi. ”Para finalis JFW 2021 Icons dipilih dari para pemenang JFW Model Search 2020,” ujar Lenni Tedja, direktur Jakarta Fashion Week, belum lama ini.

Ya, mereka adalah perempuan berbakat yang terpilih melalui seleksi ketat. Tak hanya berasal dari kota-kota tempat pencarian model diadakan, tapi juga kota-kota lain di Indonesia. Mereka berjumlah 12 orang. ”JFW Model Search 2020 yang berlangsung itu dipilih di lima kota sejak Februari 2020, yaitu di Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan Jakarta,” kata dia.

Gelaran Jakarta Fashion Week tahun ini menggelar audisi model secara semi-virtual untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Jakarta yang menjadi lokasi audisi dengan peminat terbesar, saat ini menyandang status sebagai salah satu episentrum penyebaran virus tersebut.

Namun, hal ini tidak meredupkan semangat para peserta dan Jakarta Fashion Week untuk terus mencari bakat muda berkualitas.

”Audisi di Jakarta dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Preliminary Stage secara semi-virtual untuk menyaring lebih dari 600 peserta audisi yang sudah terdaftar melalui aplikasi Jakarta Fashion Week,” kata dia.

Peserta yang terpilih mendapat panduan dan tautan khusus untuk mengirimkan sampel video mereka ke alamat surel Jakarta Fashion Week.

”Dewan juri akan memilih sejumlah peserta yang dinilai berpotensi untuk melakukan audisi langsung di Senayan City,” ungkap dia.

Kedua belas finalis JFW 2021 Icons yang lolos adalah Agustina dari Jakarta, Amos dari Pekanbaru, Brayen dari Lampung, Ciquita dari Medan, Daffa dari Jakarta, Douglas dari Sidoarjo, Gea dari Tangerang, Lung dari Surabaya, Maria dari Surabaya, Raihan dari Bandung, Nuzula dari Bogor, dan Rizal dari Surabaya. ”Mereka mengikuti karantina selama lima hari,” kata dia.

Selama masa karantina, meraka dipantau perkembangannya oleh para juri yang terdiri dari Ai Syarif selaku creative advisor Jakarta Fashion Week, Wita Juwita selaku face of Jakarta Fashion Week, dan Panca Makmun selaku koreografer Senior.

”Tidak hanya itu, Jakarta Fashion Week juga mengundang juri tamu, yang akan memberikan tantangan khusus untuk mereka, serta menilai mereka, dan memberi masukan-masukan yang berguna untuk karier di dunia model mereka,” kata dia.

Berbeda dari tahun sebelumnya, masa karatina dan pemilihan model JFW dikemas dalam web series berjudul ‘The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons: A Web Series’ yang menjadi bagian dari JFW Series #RoadtoJFW2021 dengan episode perdana tayang pada 29 Agustus 2020.

”Ada enam episode dalam web series pencarian ikon JFW yang menampilkan perjalanan 12 finalis dalam menaklukkan berbagai tantangan dari para juri. Nantinya, dua model pria dan wanita terpilih sebagai Jakarta Fashion Week 2021 Icons,” terang dia. (ash)



Apa Pendapatmu?