Alexa Metrics

Negara Favorit Wisatawan

Negara Favorit Wisatawan Colosseum, Italia (Foto: AFP)

indopos.co.id – Sebelum merebaknya pandemi Covid-19, banyak wisatawan bepergian ke berbagai belahan dunia untuk berwisata. Negara-negara seperti Prancis, Amerika Serikat, dan Tiongkok dianggap sebagai tujuan wisata populer. Beberapa negara bahkan memiliki jumlah pengunjung terbanyak, berikut beberapa di antaranya.

Negara Favorit Wisatawan

Prancis

Prancis tercatat memiliki jumlah wisatawan terbanyak di antara negara-negara lainnya di seluruh dunia. Pada 2018, ada lebih dari 90 juta wisatawan yang mengunjungi negara beribukota Paris ini. Angka tersebut bahkan tidak termasuk jumlah wisatawan yang menghabiskan waktu kurang dari 24 jam di Prancis.

Beberapa lokasi wisata terpopuler di Prancis adalah Menara Eiffel yang memiliki jumlah pengunjung sebanyak 6,2 juta setiap tahunnya, Chateau de Versailles dengan jumlah kunjungan 2,8 juta per tahun, dan National Museum of Natural History di Paris dengan total pengunjung sebanyak 2 juta orang setiap tahunnya.

Negara Favorit Wisatawan

Amerika Serikat

Amerika serikat berada di urutan ketiga dengan 79 juta wisatawan yang datang berkunjung. Wisatawan-wisatawan yang mengunjungi Amerika Serikat memilki berbagai tujuan seperti menikmati keindahan alamnya, mengenal kehidupan kotanya, mempelajari lokasi-lokasi bersejarahnya, atau hanya sekedar mencari tempat-tempat hiburan.

Pariwisata di Amerika Serikat berkembang pesat dalam bentuk pariwisata perkotaan selama akhir abad kesembilan belas dan awal abad kedua puluh. Pada 1850-an, pariwisata di Amerika Serikat sudah mulai mapan dan berkembang dengan baik sebagai aktivitas budaya maupun industri.

Sejak 1890-an, kota-kota besar seperti New York, Los Angeles, Chicago, Boston, Philadelphia, Washington D.C., San Francisco, dan kota-kota lainnya telah menarik banyak wisatawan ke Amerika Serikat.

Negara Favorit Wisatawan

Tiongkok

Pariwisata adalah industri yang tengah berkembang di Tiongkok dan telah menjadi bagian penting dalam ekonomi Tiongkok. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tionkok telah meningkat pesat dalam beberapa dekade terakhir sejak awal reformasi dan keterbukaan.

Munculnya kelas menengah baru yang kaya dan pelonggaran pembatasan pergerakan oleh otoritas Tiongkok telah memicu meledaknya jumlah wisatawan di Tiongkok. Pada 2015, Tiongkok mencatatkan jumlah wisatawan sebanyak 62,9 juta orang.

Negara Favorit Wisatawan

Spanyol

Pariwisata telah menjadi kontributor utama ketiga bagi kehidupan ekonomi Spanyol setelah sektor industri dan bisnis. Sektor pariwisata di Spanyol telah menyumbang sekitar 10-11 persen dari GDP tahunan.

Sejak 1960-an dan 1970-an, Spanyol telah menjadi tujuan populer untuk liburan musim panas. Kebanyakan wisatawannya datang dari Inggris, Irlandia, Prancis, Jerman, Italia, Benelux, dan Amerika Serikat.

Pada 2019, Spanyol tercatat sebagai negara dengan wisatawan kedua terbanyak di Dunia setelah Prancis. Sekitar 83,7 juta wisatawan telah berkunjung ke Spanyol pada 2019 di mana kebanyakan turis menjadikan Madrid sebagai destinasi utama wisata mereka.

Italia

Dengan sekitar 61,6 juta wisatawan yang berkunjung setiap tahun, Italia menjadi destinasi wisata terbesar kelima di dunia. Kebanyakan wisatawan mengunjungi Italia untuk menikmati kekayaan budaya, kuliner, sejarah, fashion, dan seninya. Sebagian besar juga mengunjungi pantai-pantai, pegunungan, monumen-monumen, dan situs warisan dunia yang tidak ada di tempat lainnya.

Kota-kota seperti Milan, Roma, Napoli, Venesia, dan Florensia menjadi tujuan wisata utama di Italia. Kota-kota lainnya seperti Turin, Verona, Bari, Padua, Bologna, Messina, Perugia, Palermo, Genoa, Sisilia, Sardinia, dan Salento juga menjadi tujuan wisata populer di negara pizza itu.

Sejarah kekaisaran Romawi, abad pertengahan, dan renaisans telah meninggalkan banyak artefak budaya untuk dijadikan lokasi wisata oleh pemerintah setempat. Banyak kota di utara juga menggunakan Pegunungan Alpen sebagai daya tarik untuk olahraga musim dingin, sedangkan kota-kota di pesisir selatan memiliki Laut Mediterania untuk menarik wisatawan dan menikmati matahari.

Negara Favorit Wisatawan

Turki

Situs-situs sejarah dan resor-resor di sepanjang tepi laut Mediterania dan Aegean telah menjadi tujuan wisata utama di Turki. Negara ini juga populer sebagai lokasi untuk menikmati keindahan budaya dan bersantai di spa.

Pada 2019, Turki telah menarik sebanyak 51 juta wisatawan asing dan menjadikannya tujuan wisata terpopuler keenam setelah Prancis, Spanyol, Amerika Serikat, Tiongkok, dan Italia. Kebanyakan wisatawan asing yang berkunjung ke Turki berasal dari Rusia, Jerman, Bulgaria, Inggris, dan Iran. (fay)



Apa Pendapatmu?