Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN: Menjadi Humas Harus Bisa Mendengar, Melihat dan Merasakan

indopos.co.id – Pesatnya perkembangan teknologi dan zaman membuat komunikasi publik yang baik dan kuat menjadi peran penting untuk Hubungan Masyarakat (Humas) di suatu instansi atau lembaga. Humas dituntut untuk profesional dan bertransformasi sesuai perkembangan zaman guna menjaga kepercayaan publik.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan V (lima) dan VI (enam) dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh atau Distance Learning pada Jumat (04/09/2020). Narasumber pada kesempatan ini ialah Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati yang membawakan materi mengenai “Strategi Komunikasi Publik”.

Baca Juga :

“Sebagai Humas kita harus bisa berinovasi pada suatu kegiatan yang dapat dilihat, didengar dan dimengerti terhadap yang akan kita publikasi baik itu visual maupun tulisan. Intinya kalau kita tidak mengikuti perubahan zaman maka kita akan ketinggalan,” ujar Yulia Jaya Nirmawati melalui sambungan video teleconference.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN menjelaskan fungsi strategi komunikasi yang diberikan pada pelatihan kali ini, agar nantinya dapat membuat publikasi baik rilis atau konten yang menarik. “Kita memainkan narasi tunggal yang mana kita ingin membangun kehumasan yang kuat di satuan kerja daerah. Ini strategi yang kita lakukan agar harapan kita pada tahun 2021 semuanya dapat berdiri di atas kaki sendiri sehingga lebih banyak informasi yang sampai ke masyarakat,” jelasnya.

Yulia Jaya Nirmawati mengatakan di era digital tidak dapat dipungkiri bahwa informasi semakin berlimpah, rawan bias dan sulit dikendalikan. Oleh karena itu, akurasi dan ketepatan waktu dalam merespon informasi, menjadi kunci utama kinerja fungsi kehumasan. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Humas dituntut untuk proaktif dan mampu membuat perencanaan komunikasi strategis dan tepat sasaran secara internal maupun eksternal.

Sebagai institusi pelayanan, pengaduan masyarakat tak luput dari bagian kerja Humas. Yulia Jaya Nirmawati menuturkan pengaduan harus direspon secara cepat dan baik. “Sebagai Humas harus selalu berinovasi, bergerak sesuai dengan situasi, kemajuan serta informasi yang update. Untuk itu kita harus bisa mendengar, melihat dan merasakan,” tutur Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN.

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan V dan VI ini dimoderatori oleh Widyaiswara PPSDM, Arwin Baso dan diikuti 87 peserta dari seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian ATR/BPN. (adv)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.