Alexa Metrics

Sungai Terpanjang Sejagat

Sungai Terpanjang Sejagat Sungai Nil

indopos.co.id – Ada banyak faktor yang diperlukan untuk mengidentifikasi panjang sebuah sungai mulai dari sumber hingga ke muara. Akibatnya, pengukuran panjang sungai kebanyakan hanyalah sebuah perkiraan. Secara khusus, ada ketidaksepakatan mengenai mana yang lebih panjang antara Sungai Nil dengan Sungai Amazon. Namun secara tradisional, Sungai Nil dianggap lebih panjang. Berikut daftar sungai-sungai terpanjang di dunia.

Sungai Nil, Afrika Timur Laut

Sungai Nil memiliki panjang 6.650 km dan merupakan sungai terpanjang di dunia. Sumber daya airnya dibagi oleh sebelas negara, yaitu Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, dan Mesir. Bagian utara Sungai Nil hampir seluruhnya mengalir ke utara melalui Gurun Sudan hingga ke mesir, kemudian berakhir di delata besar dan mengalir ke Laut Mediterania.

Peradaban Mesir dan kerajaan Sudan diketahui bergantung pada Sungai Nil sejak zaman kuno. Sebagian penduduk dan kota-kota di Mesir terletak di sepanjang lembah Nil di utara Aswan. Hampir semua situs budaya dan sejarah Mesir Kuno ditemukan di sepanjang tepi sungai.

Sungai Terpanjang Sejagat

Sungai Amazon, Amerika Selatan

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia, dan sejauh ini merupakan sungai terbesar menurut aliran airnya. Debit rata-rata air tawar dari Sungai Amazon yang dilepas ke Samudera Atlantik sekitar 184.000 meter kubik per detik di musim hujan.

Dianggap sebagai aliran sungai terkuat, aliran dari Sungai Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar di seluruh dunia yang masuk ke laut. Sungai ini mengalir di beberapa negara seperti Brasil, Peru, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Venezuela, dan Guyana.

Sungai Terpanjang Sejagat

Sungai Yangtze, Tiongkok

Meskipun menjadi sungai terpanjang ketiga di dunia, Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang di Asia dan Tiongkok. Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang yang mengalir dalam satu negara. Sungai Yangtze memiliki panjang 6.300 km yang alirannya secara umum menuju ke arah timur dan berakhri di Laut Cina Timur.

Berdasarkan volume air yang mengalir ke laut, Sungai Yangtze menepati posisi keenam. Cekungan drainasenya mencakup seperlima dari luas daratan Tiongkok, dan merupakan rumah bagi hampir sepertiga dari populasi negara itu.

Sungai Terpanjang Sejagat

Mississippi, Amerika Utara

Sungai Mississippi dikenal sebagai sungai terpanjang di Amerika Utara, di mana anak-anak sungai utamanya memiliki luas sekitar 3,1 juta km persegi, atau sekitar seperdelapan dari seluruh benua. Total panjang sungai ini adalah 6.275 km dan hampir seluruhnya terletak di Amerika Serikat, sekitar 98,5 persen, dan sisanya mengalir di Kanada menuju Teluk Meksiko.

Sebagai pusat dari negara industri maju, Sungai Mississippi telah menjadi salah satu aliran air komerial tersibuk di dunia, dan telah mengalami modifikasi luar biasa. Selain itu, sungai ini memiliki kontribusi unik terhadap sejarah dan kesusasteraan Amerika Serikat. Hal itu telah membuatnya seperti jalinan benang merah melalui cerita rakyat dan rasa nasionalisme warga Amerika, menghubungkan nama dua presiden AS, Abraham Lincoln dan Ulysses S. Grant dengan penulis terkenal Mark Twain.

Sungai Terpanjang Sejagat

Yenisei, Rusia

Sungai Yenisei adalah sungai terpanjang kelima di dunia dengan panjang 5.539 km. Sebagai sistem sungai terbesar yang mengalir ke Samudera Arktik, arus utama sungai ini 97 persennya berada di Rusia, sedangkan sisanya di Mongolia.

Bersumber di Mungaragiyn-gol, Mongolia, Sungai Yenisei mengalir melalui jalur utara sebelum mengalir ke Teluk Yenisei hingga ke laut Kara. Sungai ini membagi Dataran Siberia Barat di barat dari Dataran Siberia Tengah ke timur, di mana Sungai Yenisei mengaliri sebagian besar Siberia Tengah. (fay)



Apa Pendapatmu?