Zainut Tauhid: Ajaran Agama Bertujuan Memuliakan Manusia

indopos.co.id – Pengarusutamaan moderasi beragama yang digagas Kementerian Agama (Kemenag) tidak hanya dilakukan di lembaga pendidikan, tapi juga komunitas budaya. Salah satunya yang dilakukan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi bersama Joglo Jeep Gunungpring Muntilan.

Dalam forum Jumat Budaya, Wamenag berdiskusi tentang Moderasi Beragama. Menurutnya, ajaran agama bertujuan memuliakan manusia. Karenanya, pejawantahaan pemahaman keagamaan dalam kehidupan beragama, perlu mengamalkan nilai-nilai yang memuliakan manusia.

Baca Juga :

Lima Ikhtiar Kemenag Lestarikan Budaya Islam

“Agama itu sesungguhnya mengajarkan nilai-nilai kebaikan, kedamaian dan cinta kasih,” kata Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi pada acara Jumat Budaya Joglo Jeep Gunungpring Muntilan di Magelang, Jumat (4/9/2020) malam.

“Nilai-nilai universal itulah yang harus kita angkat untuk menjadi pedoman kita dalam hidup berbangsa dan benegara. Sehingga dalam beragama kita senantiasa menghormati, menenggang saudara kita, dan juga memanusiakan manusia,” lanjutnya.

Hadir, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah Musta’in Ahmad, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang Fathurahman beserta jajarannya. Hadir pula Presiden Komunitas Joglo Jeep Awaluddin Setya Aji, para budayawan lintas generasi, lintas profesi, tokoh lintas agama, ahli sejarah, tokoh masyarakat dan pejabat sipil lainnya.

Dalam dialog yang juga disiarkan secara langsung melalui akun media sosial Joglo Jeep, Wamenag mengapresiasi banyak kegiatan yang diselenggarakan Komunitas Joglo Jeep Gunungpring, salah satunya adalah penyediaan air minum bagi pondok pesantren.

Baca Juga :

“Kami tunggu karya-karya bermanfaat lainnya, dan kami siap untuk membuka diri, untuk bersinergi terkait penyediaan air minum bagi pondok pesantren,” harap Wamenag.

Mengakhiri dialognya, Wamenag berpesan kepada seluruh pegiat komunitas agar terus berkarya dan berinovasi membuat hal hal yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Di akhir acara, Wamenag menyerahkan bantuan secara simbolis untuk pembangunan Masjid Nur Rochim Dusun Tapen, Desa Pagersari, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang sebesar Rp50juta.(rmn)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.