Alexa Metrics

86 Hewan Penular Rabies di Tanah Tinggi Jakarta Pusat Divaksinasi

86 Hewan Penular Rabies di Tanah Tinggi Jakarta Pusat Divaksinasi Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat melakukan vaksinasi pada 86 Hewan Penular Rabies (HPR) di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (7/9/2020). Foto: Joesvicar Iqbal/INDOPOS

indopos.co.id – Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat melakukan vaksinasi pada 86 Hewan Penular Rabies (HPR) di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (7/9/2020). Hal itu dilakukan sebagai pencegahan penularan penyakit rabies di DKI Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Suku Dinas KPKP (Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan) Jakarta Pusat Suharini Elliawati menjelaskan, pihaknya hari ini melaksanakan vaksinasi rabies di wilayah Kelurahan Tanah Tinggi yang akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

“Jadi untuk hari Senin, Selasa, dan Rabu petugas kami ada di wilayah Kelurahan Tanah Tinggi di Jalan Pendawa I. Bagi masyarakat yang ingin vaksinasi hewan peliharaannya silakan datang tanpa dipungut biaya alias gratis,” imbuh dia.

Elly, sapaan karibnya, menambahkan, ini merupakan kegiatan rutin dan salah satu kegiatan prioritas Sudin KPKP Jakarta Pusat untuk mempertahan DKI Jakarta bebas rabies sejak 2004 lalu.

“Kini kita gencarkan kembali karena Jawa Barat, Banten, sudah tidak aman lagi mereka sudah ada yang positif rabies. Ini menjadi tantangan DKI Jakarta bagaimana caranya kita membuat DKI Jakarta tetap bebas rabies,” ungkapnya.

Elly merinci, ada 86 hewan peliharaan yang divaksin yakni terdiri dari anjing 38 ekor, kucing 47 ekor, dan musang satu ekor. Sedangkan target tahun 2020 ini yaitu 4.800 ekor hewan peliharaan.

“Kami menargetkan 4.800 ekor hewan peliharaan divaksin dan akan gencar melakukan vaksinasi HPR di September hingga akhir Desember 2020 ini,” tandasnya. (ibl)



Apa Pendapatmu?