Alexa Metrics

Desakan Agar KPK Segera Gelar Perkara Kasus Jaksa Pinangki Makin Menguat

Desakan Agar KPK Segera Gelar Perkara Kasus Jaksa Pinangki Makin Menguat Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

indopos.co.id – Desakan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melakukan gelar perkara kasus suap Jaksa Pinangki Sirna Malasari bersama Kejaksaan Agung dan Kepolisian RI, semakin menguat. Kali ini desakan datang dari Indonesia Corruption Watch ( ICW).

“Kami dari ICW mendesak pada pekan ini KPK harus segera memanggil Kejaksaan, memanggil Kepolisian, untuk menggelar gelar perkara bersama,” ujar peneliti ICW Kurnia Ramadhana, di Jakarta, Senin (7/9/2020).

Kurnia juga meminta KPK tidak ragu-ragu untuk mengambilalih penanganan perkara kasus Pinangki tersebut bila menemukan kejanggalan. Berdasar Undang-Undang KPK, lembaga antirasuah itu memiliki kewenangan untuk mengambilalih kasus yang melibatkan aparat penegak hukum, termasuk kasus Pinangki.

“Jika ditemukan kejanggalan berdasarkan pasal 10A undang-Undang KPK, maka tidak ada pilihan kecuali KPK men-takeover kasus tersebut,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers beberapa hari lalu mengatakan, KPK merencanakan melakukan gelar perkara bersama Polri dan Kejaksaan Agung dalam kasus suap terkait pelarian Djoko Tjandra, termasuk kasus Pinangki dalam waktu yang tidak terlalu lama.(wok)



Apa Pendapatmu?