Alexa Metrics

Mengintip Persiapan Ajang Indonesian Television Awards 2020

Mengintip Persiapan Ajang Indonesian Television Awards 2020 Sejumlah pengisi acara Indonesian Television Awards 2020 menggelar jumpa pers. (Foto: Ahmad Sukarno/INDOPOS)

indopos.co.id – Perhelatan malam puncak Indonesian Television Awards 2020 berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Ajag tahunan bagi insan pertelevisian itu, bakal ditampilkan secara berbeda dari biasanya. Seperti apa?

Genderang Indonesian Television Awards 2020 mulai ditabuh. Sebanyak 12 kategori penghargaan, terdiri 8 kategori program televisi, 4 kategori individu, dan kategori baru yaitu kategori news siang dan publik figur inspiratif, mewarnai  ajang tahunan tersebut.

Sejumlah survei melibatkan responden pada 28 kota dari 17 propinsi di Indonesia telah dilakukan Roy Morgan Research. ”Metodologi dengan mengambil sample tidak banyak, tetap dari rumah ke rumah dan interview,” tutur Direktur Utama Roy Morgan Research Ira Soekirman.

Para nominator diperoleh dari hasil survei. Roy Morgan Research melakukan survei langsung ke penonton televisi untuk mengetahui program acara televisi favorit pemirsa dan masuk dalam nominasi adalah program-program tayang periode 01 Juli 2019 – 30 Juni 2020. ”kita berusaha menginterview di luar rumah untuk jaga jarak,” imbuh Ira.

Perhitungan dan analisa voting dilakukan Provetic untuk menjaga akurasi perhitungan, validasi data voters, dan hasil voting diverifikasi auditor independen. ”Hasil voting diumumkan pada Malam Puncak Indonesian Television Awards 25 September 2020 mendatang,” katanya.

Dalam perhelatan Indonesian Television Awards 2020, sosial media dan dunia pertelevisian menjadi acuan paling penting. ”RCTI sudah kurang lebih 5 tahun lalu sudah mengawinkan sosial media dan dunia pertelevisian. Makanya televisi dan sosmed bisa bergandengan tangan,” beber Direktur Utama Provetic Iwan Setyawan.

Media sosial menjadi wadah bagi konten creator untuk menghasilkan karya unik menjadi pertimbangan penting dalam penilaian. ”Di balik media televisi, ada pihak-pihak patut diapresiasi. Karena karya dan kerja keras mereka diterima masyarakat luas,” katanya.

Adapun 12 penghargaan akan dianugerahkan terdiri dari delapan katagori program televisi dan empat kategori individu. Ada dua kategori baru, yaitu kategori news siang dan publik figur inspiratif. Delapan kategori program televisi dimaksud adalah program prime time drama terpopuler, program prime time non drama terpopuler, program non prime time drama terpopuler, program non prime time non drama terpopuler, program akhir pekan terpopuler, program ramadan drama terpopuler, program non drama ramadan dan program news siang terpopuler.

Adapun empat kategori individu adalah: Pembawa Acara televisi Terpopuler, Aktor Sinetron Terpopuler, Aktris Sinetron Terpopuler dan Publik Figur Inspiratif Terpopuler.

Sementara itu, Project Director ITA Kanti Mirdiati, menambahkan proses penilaian di  Indonesian Television Awards dilakukan secara comprehensive. Karena itu, Indonesian Television Awards melibatkan berbagai pihak agar dapat memberikan proses penilaian adil dan akurat. ”Indonesian Television Awards merupakan refleksi dari program yang menjadi pilihan pemirsa televisi dan persepsi terhadap figur-figur di layar televise Indonesia sepanjang tahun 2019-2020. (ash)



Apa Pendapatmu?