Alexa Metrics

Gedung Juang 45 Bakal Disulap Jadi Museum Sejarah

Gedung Juang 45 Bakal Disulap Jadi Museum Sejarah Ilustrasi Gedung Juang 45 Tambun Bekasi Foto: DENY ISKANDAR /INDOPOS

indopos.co.id – Gedung Juang yang terletak di Jalan Sultan Hasanudin, Desa Setia Darma Tambun, Kabupaten Bekasi bakal dijadikan museum sejarah. Pasalnya, gedung itu menyimpan segudang sejarah di jaman kemerdekaan.

“Proyek revitalisasi Gedung Juang 45 menjadi prioritas pembangunan tahun ini,” kata Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi Beni Nugraha, Selasa (8/8/2020).

Rencananya, alokasi pembangunan gedung itu memakan dana sebesar Rp36 miliar lebih. Alokasi anggaran ini menjadi yang terbesar dalam rencana pembangunan di tengah masa pandemi COVID-19.

“Kalau pembangunannya sudah berjalan sejak satu bulan lalu. Dan diperkirakan bakal rampung hingga Desember 2020 mendatang,” kata Beni.

Dia mengaku, proyek pembangunan ini merupakan perubahan fungsi gedung Juang 45 Tambun menjadi museum bersejarah. Besarnya dana itu kata dia, lebih banyak dipakai untuk jasa konsultasi perencanaan dan belanja modal bangunan gedung.

Seperti yang diketahui, Gedung Juang 45 Tambun sempat tak terurus beberapa tahun ke belakang. Bahkan, karena tak terurusnya, gedung itu menjadi kotor dan kumuh. (dny)



Apa Pendapatmu?