Alexa Metrics

Para Pencari Suaka Terlantar di Indonesia Tagih Komitmen IOM dan UNHCR

Para Pencari Suaka Terlantar di Indonesia Tagih Komitmen IOM dan UNHCR Petugas Kesbangpol Pemkot Administrasi Jakarta Barat dan aparat polisi terkait pengawalan para pencari suaka yang menuntut komitmen IOM dan UNHCR. Ikbal/indopos

indopos.co.id – Para pencari suaka yang telah lama transit di Indonesia menyampaikan aspirasinya ke lembaga International Organization For Migration (IOM) terkait pengurusan perpindahan mereka ke negara ketiga dari kawasan Kalideres, Jakarta Barat.

”Para pengungsi pencari suaka ini kan transit saja di Indonesia. Sedangkan yang mengurusi perpindahan ke negara ketiga dari Lembaga IOM dan United Nations High Commisioner For Refugees (UNHCR), ”kata Kepala Kantor Kesbangpol Pemkot Administrasi Jakarta Barat, Moh. Matsani pada INDOPOS, Senin (7/9/2020).

Menurut Matsani, puluhan pencari suaka ini bergerak menuju ke Kantor IOM di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, untuk menagih komitmen IOM dan UNHCR. Mereka mendapat pengawalan  dari aparat Kepolisian, TNI dan Kesbangpol Pemkot Administrasi Jakarta Barat. ”Kemungkinan  para pencari suaka yang diterima dari perwakilannya saja di sana. Di sini kami hanya mengawasi saja bersama Polri dan TNI, “ujar Matsani.

Hingga berita ini diturunkan, pihak IOM Jumi Rahayu belum dapat dikonfirmasi oleh INDOPOS terkait penyampaian aspirasi para pencari suaka

Sebelumnya, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bahwa pemerintah Indonesia sebenarnya sudah siap untuk membantu para pencari suaka tersebut. Bahkan, pemerintah sudah menyiapkan tempat yang layak bari para pencari suaka itu untuk bersinggah. Akan tetapi, kata Agus, saat ini yang dibutuhkan pemerintah adalah komitmen dua lembaga internasional yang menangani para pencari suaka tersebut.

”Ini kan permasalahannya bukan siap atau enggak siap menampung, kami siap. Permasalahannya adalah kami ingin dapat komitmen dari UNHCR dan IOM. Ini kami harus tahu, sebagai penanggung jawab internasional apa yang mereka bisa berikan komitmen ke Pemerintah Indonesia,” kata Agus . (ibl)



Apa Pendapatmu?