Alexa Metrics

Warga Kampung Susun Akuarium Gotong Royong Pindah Shelter

Warga Kampung Susun Akuarium Gotong Royong Pindah Shelter Warga Kampung Susun Akuarium saat beraktivitas. Foto: Joesvicar Iqbal/INDOPOS

indopos.co.id – Di bawah sengatan panasnya terik mentari, puluhan warga Kampung Susun Akuarium beraktivitas. Hamparan perkakas, material dan suara berirama palu mengetuk paku dalam genggaman pekerja warga setempat pun menunjukkan bahwa warga kompak bergotongroyong memindahkan sebuah shelter.

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pembangunan Kampung Susun Akuarium segera dimulai pascapeletakan batu pertama pada Senin (17/7/2020) lalu. Shelter yang selama ini digunakan pun dipindahkan demi keamanan warga selama pembangunan.

Ketua RT 12/04 Kampung Akuarium, Topas Juanda menuturkan, shelter yang selama ini digunakan warga dipindahkan ke sisi Utara dan Timur Kampung Akuarium. Pemindahan ditargetkan rampung sebelum Selasa (15/9/2020) mendatang.

“Shelter sudah kami pindahkan sementara ke lahan yang tidak terkena pembangunan. Lokasinya ada di sisi Utara dan Timur di sini (Kampung Akuarium),” tutur Topas, Selasa (8/9/2020).

Shelter yang dipindahkan itu, katanya, ditempati sebanyak 93 kepala keluarga. Sedangkan 10 Kepala Keluarga lainnya direlokasi ke Rumah Susun Pesakih, Cengkareng, Jakarta Barat. “Yang ke rusun juga sudah pindah kemarin. Karena dalam masa pandemi, mereka dibebaskan dari biaya sewa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta Sarjoko menerangkan, pembangunan Kampung Susun Akuarium ditargetkan rampung pada Desember 2021 mendatang. Pembangunan ini tidak murni bersumber dari Angara Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta, namun direncanakan dari dana kewajiban pengembang senilai Rp 62 miliar.

Sehingga dalam rancangan pembangunan, tanah seluas hampir 10.300 meter persegi ini akan dibangun sebanyak lima blok kampung susun dengan total 241 unit hunian. Masing-masing blok diisi sekitar 32 unit hingga 56 unit bertipe hunian 36.

Selain itu, Kampung Susun Akuarium juga akan memiliki ruang publik seperti lapangan olahraga dan lain sebagainya. Termasuk rencana pembuatan galeri untuk mendokumentasikan cagar budaya yang ditemukan saat penggalian tanah di lokasi pembangunan pada beberapa bulan lalu.(ibl)



Apa Pendapatmu?