Alexa Metrics

Pemeriksaan COVID-19 di Kota Bekasi Capai Ribuan Spesimen dalam Sehari

Pemeriksaan COVID-19 di Kota Bekasi Capai Ribuan Spesimen dalam Sehari Ilustrasi. Pemeriksaan COVID-19 di Kota Bekasi

indopos.co.id – Penyebaran COVID-19 di Kota Bekasi terus bergerak naik. Kini, petugas Labotarium Kesehatan Daerah (Labkesda) setiap harinya melakukan pemeriksaan sebanyak 1.050 spesimen.

Dengan banyaknya pemeriksaan spesimen, maka terjadi keterlambatan hasil yang dkeluarkan. Sebab, kemampuan sumber daya tenaga medis di Labkesda hanya 160 spesimen. “Kami atur pengiriman spesimen,” kata Pelaksana Harian (Plh) Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dwie Andyarini, Selasa (8/9/2020).

Pengaturan spesimen ini, kata Dwie untuk mensiasati banyaknya spesimen yang diperiksa. Termasuk mengatur pengiriman spesimen dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) ke Labkesda.

Pengaturan pengiriman spesimen ini sudah tertuang dalam surat edaran Nomor 440/3970/Dinkes.Set bersifat penting tentang Pemberitahuan Pemeriksaan Spesimen Swab untuk diketahui para kepala puskesmas dan rumah sakit se-Kota Bekasi.

“Kami jiga melakukan langlah kordinasi dengan berbagai pihak untuk mempercepat proses pemeriksaan spesimen,” kata Dwie.

Bahkan, diakui Dwie, adanya keterlembatan hasil pemeriksaan spesimen ini dikarenakan jugasecara bersamaan pemerintah daerah tengah melakukan pemeliharaan alat di labotarium polymerase chain reaction (PCR) yang berada di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) dr Chasbullah Abdul Madjid Kota Bekasi. (dny)



Apa Pendapatmu?