Alexa Metrics

Makam Khusus COVID-19 di TPU Pondok Ranggon Nyaris Penuh

Makam Khusus COVID-19 di TPU Pondok Ranggon Nyaris Penuh Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur yang digunakan untuk pemakaman khusus jenazah Coronavirus Disease (COVID)-19 nyaris penuh. Foto: Joesvicar Iqbal/INDOPOS

indopos.co.id – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur yang digunakan untuk pemakaman khusus jenazah Coronavirus Disease (COVID)-19 nyaris penuh. Hal itu terjadi karena tingginya angka orang yang meninggal akibat virus yang kali pertama di temukan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada akhir tahun lalu.

Ada empat blok lahan khusus pemakaman jenazah COVID-19 telah disediakan sejak awal di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur itu. Saat ini, blok terakhir atau blok ke 4 yang telah digunakan dilokasi diperkirakan akan penuh dalam satu bulan kedepan.

Masih tingginya angka kematian disebabkan virus corona membuat 4 blok lahan makam yang tersedia nyaris penuh. Kini sejumlah area di kawasan TPU tengah diperluas untuk membuka blok baru khusus pemakaman COVID. Dua alat berat diturunkan untuk melebarkan dan meratakan tanah di lokasi.

Terpantau sejumlah petugas Dinas Pertamanan dan Kehutanan Bina Marga DKI mengawasi jalannya perluasan pematangan area pemakaman khusus COVID-19.

Dikonfirmasi INDOPOS terkait hal itu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menuturkan, kita/pihaknya sedang membuat pematangan lahannya yang nantinya buat jenazah khusus COVID-19.

Selanjutnya, apakah pematangan lahan di TPU Pondok Rangon itu menemui kendala sejauh ini?, Hari Nugroho mengatakan, alhamdullilah sejauh ini aman. “Alhamdulillah aman,” katanya.

Hari menambahkan, tujuan pematangan lahan itu agar permasalahan pemakaman korban COVID-19 segera tertangani. Adapun pengerjaan telah dilakukan dimulai pada 27 Maret 2020 lalu.

Berapa luas pematangan lahan untuk pemakaman jenazah COVID – 19 itu, Hari menambahkan, untuk luas lahan tanyakan ke Bu Kadis Pertamanan dan Kehutanan DKI Jakarta, Suzi Marsitawati yang tahu luasannya.

Sebaliknya ketika dikonfirmasi INDOPOS, Kadis Pertamanan dan Kehutanan DKI Jakarta, Suzi Marsitawati belum dapat dikonfirmasi yang diduga terpapar COVID – 19 itu masih isolasi mandiri menjalani perawatan di Rumah Sakit.

Diketahui bahwa luas lahan yang dilakukan pematangan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta mencapai 7000 meter persegi. Sekedar diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur sebagai pemakaman khusus bagi jenazah COVID – 19.(ibl) 



Apa Pendapatmu?